Ingin Kuliah di PTN dan Punya Skill Public Speaking, Ini Tips Sukses dari Dekan FISIP UPNVJ

Rabu, 20 September 2023 - 10:18 WIB
loading...
Ingin Kuliah di PTN dan Punya Skill Public Speaking, Ini Tips Sukses dari Dekan FISIP UPNVJ
FISIP UPNVJ Jakarta menggelar workshop kiat masuk PTN dan public speaking di SMAN 2 Lintongnihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumut, Selasa (19/9/2023). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Punya cita-cita kuliah di PTN dan punya kemampuan public speaking bagus? Tips dan kiat dari Dekan FISIP Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) J Dr S Bekti Istiyanto ini perlu disimak dan dipelajari.

Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menjadi impian banyak siswa di Indonesia. Ditambah lagi puny kemampuan public speaking yang di era modern ini sangat dibutuhkan untuk menjalin komunikasi dan membangun jaringan

Berangkat dari hal itulah, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPNVJ Jakarta menggelar workshop kiat masuk PTN dan Public Speaking kepada pelajar di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbas), Sumatera Utara (Sumut). Kegiatan ini untuk membantu para siswa mendapatkan kiat-kiat dan strategi masuk ke PTN dan Sekolah Kedinasan.

Workshop kiat masuk PTN dan Public Speaking digelar di SMAN 2 Lintongnihuta, Selasa (19/9/2023) dan diikuti sekitar 135 pelajar. Tampil sebagi pembicara, yaitu Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, FISIP UPNVJ Musa Maliki, Ph.D dan Wakil Dekan bidang Akademik, FISIP UPNVJ Dr. Fitria Ayuningtyas.

Musa Maliki yang membedah materi tentang kiat-kiat Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menyampaikan agar para pelajar melakukan persiapan diri dengan baik jauh-jauh hari dan perbanyak mencari informasi yang terkini tentang PTN. Sedangkan Fitria Ayuningtyas yang membawakan materi tentang public speaking, menjelaskan bahwa kemampuan berkomunikasi yang baik merupakan prasyarat utama yang harus dimiliki saat ini.



Wakil Bupati Humbahas, Dr Oloan Paniaran Nababan, S.H, M.H yang hadir dalam workshop berharap agar workshop kali ini dapat memotivasi para pelajar untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Untuk itu, para pelajar harus segera mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa masuk PTN atau sekolah kedinasan.

“Saya yakin dan percaya bahwa adik-adik sekalianlah yang akan menjadi masa depan bangsa ini secara khusus Kabupaten Humbang Hasundutan ini. Terima kasih para narasumber kami, karena ilmu yang disampaikan sangat berguna dan sebagai motivasi anak-anak kami,” katanya.

Kepala SMAN 2 Lintongnihuta Sahala Sinaga mengungkapkan, dalam 3 tahun terakhir cukup banyak siswanya yang diterima di PTN dan sekolah kedinasan. Untuk angkatan 9 (tahun 2022) dari 61 siswa yang masuk ke PTN termasuk ke sekolah kedinasan sebanyak 46 orang.

Angkatan 8 (tahun 2021) dari 68 siswa, masuk ke PTN dan Sekolah Kedinasan sebanyak 60 siswa. Angkatan 7 (tahun 2020) dari 68 siswa, masuk ke PTN dan Sekolah Kedinasan sebanyak 56 siswa. “Semoga dengan adanya workshop ini para siswa mendapatkan kiat-kiat dan strategi yang dapat meningkatkan lulusan SMA Negeri 2 Lintongnihuta masuk ke PTN dan Sekolah Kedinasan,” ujarnya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)