IT Del Terapkan Sistem Verifikasi Identitas Digital Mahasiswa

Minggu, 24 September 2023 - 15:15 WIB
loading...
IT Del Terapkan Sistem Verifikasi Identitas Digital Mahasiswa
Inagurasi Mahasiswa Baru XXIIII dan Dies Natalis XXII yang mengangkat tema Fostering Collaboration and Innovation towards Research Excellence di Sitoluama, Toba, Sumatera Utara. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Digitalisasi yang semakin masif pasca pandemi Covid-19 telah mengubah cara hidup manusia dalam berbagai aspek. Tidak terkecuali di bidang pendidikan khususnya perguruan tinggi .

Dalam rangka menciptakan sistem otomatisasi pencatatan dan standarisasi kehadiran mahasiswa melalui continuous-face recognition, Institut Teknologi Del (IT Del) melakukan Perjanjian Kerjasama dengan PT Privy Identitas Digital (Privy),

Penandatangan telah dilakukan bersamaan kegiatan Inagurasi Mahasiswa Baru XXIIII dan Dies Natalis XXII yang mengangkat tema “Fostering Collaboration and Innovation towards Research Excellence” di Sitoluama, Toba, Sumatera Utara.

“Pandemi telah menciptakan kebiasaan baru yang tak dapat dilepaskan dari digitalisasi, di mana dunia menjadi semakin terkoneksi dan demokratisasi terjadi hampir di segala bidang. Diperlukan tata kelola yang baik serta kedisiplinan dalam menghadapi situasi tersebut," ungkap Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan RI, Rionald Silaban melalui keterangan tertulis, Minggu (24/9/2023).

Baca juga: Momen Kompak Ayah dan Anak Wisuda Bareng dari Jurusan Teknik Elektro ITS

Ketua Pembina Yayasan Del Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pentingnya penguatan kapasitas SDM yang unggul dan adaptif terhadap perkembangan digital melalui pendidikan tinggi.

"Saya ingin menekankan penguatan kapasitas SDM dalam menghadapi kondisi ekonomi-politik global saat ini. Sehubungan dengan perkembangan teknologi seperti AI (artificial intelligence / kecerdasan buatan), mahasiswa harus dapat menyikapinya dengan tepat, memaksimalkan potensinya namun tetap waspada terhadap risiko yang ada," ujar Luhut.

Pada acara Inagurasi tersebut dihadiri Ketua Yayasan Del, Intan Simanjuntak dan mengukuhkan 483 mahasiswa baru IT Del yang berasal dari berbagai provinsi mulai dari Sumatera Utara sampai dengan Papua Pegunungan. Kampus IT Del juga memperingati Dies Natalis yang ke-22 dengan harapan dapat terus maju menjadi institusi pendidikan berbasis riset yang unggul melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, baik di dalam ataupun luar negeri.

Baca juga: Mengenal Jurusan Sistem Informasi, Mata Kuliah, Prospek Kerja, dan Kampus Terbaiknya

Salah satu aspek penting dalam tata kelola perguruan tinggi adalah verifikasi identitas untuk memastikan bahwa akses masuk dan keluar lingkungan kampus dapat dikontrol demi keamanan dan juga akuntabilitas mahasiswa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5031 seconds (0.1#10.140)