Mengenal Perbedaan Cumlaude, Magna Cumlaude, dan Summa Cumlaude

Selasa, 26 September 2023 - 18:17 WIB
loading...
A A A
- Tidak pernah mengulang mata kuliah baik untuk perbaikan nilai maupun mengulang mata kuliah melalui semester.

Perbedaan Cumlaude, Magna Cumlaude, dan Summa Cumlaude


Perbedaan utama antara predikat cumlaude, magna cumlaude, dan summa cumlaude adalah pada nilai IPK yang diperoleh oleh mahasiswa. Adapun batasan nilai dari masing-masing predikat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Cumlaude


Predikat ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki IPK di atas 3,50 hingga 3,79. Selain IPK yang memuaskan, pihak kampus juga mempertimbangkan masa studi mahasiswa bersangkutan serta nilai pada seluruh mata kuliah.

2. Magna Cumlaude


Mahasiswa dapat meraih predikat ini jika IPK akhirnya berada di atas 3,79 hingga 3,99. Mahasiswa dengan predikat Magna Cumlaude lulus “Dengan pujian besar”.

3. Summa Cumlaude


Predikat ini merupakan predikat tertinggi dari cum laude. Mahasiswa yang mendapatkan predikat ini harus memiliki IPK akhir di atas 3,99 atau sempurna, yaitu 4,00. Mahasiswa yang lulus dengan menyandang predikat Summa Cumlaude berarti lulus “dengan pujian tertinggi”.

Mendapatkan predikat cumlaude, magna cum laude, dan summa cum laude tentu saja merupakan prestasi yang membanggakan bagi mahasiswa dan orang-orang di sekitarnya. Selain itu, predikat ini tentunya akan memberikan beberapa keuntungan bagi lulusan universitas.

Untuk meraihnya, mahasiswa harus memiliki strategi atau tips yang tepat. Hingga saat ini banyak tokoh publik di Indonesia yang berhasil meraih predikat ini dari universitas-universitas ternama.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)