Berminat Jadi Dosen dan Peneliti? Kenali Jenis Analisis Data Kualitatif dalam Penelitian

Sabtu, 30 September 2023 - 11:02 WIB
loading...
Berminat Jadi Dosen dan Peneliti? Kenali Jenis Analisis Data Kualitatif dalam Penelitian
Dalam dunia akademis, kegiatan penelitian yang dilakukan oleh para dosen maupun mahasiswa tentu dekat sekali dengan kegiatan analisis data, salah satunya analisis data kualitatif. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini jenis-jenis analisis data kualitatif yang biasa digunakan dalam penelitian .Jika kamu berprofesi sebagai dosen dan juga peneliti tentu harus memahami sejumlah istilah teknik di dunia penelitian salah satunya tentang analisis data kualitatif.

Dalam dunia akademis, kegiatan penelitian yang dilakukan oleh para dosen maupun mahasiswa tentu dekat sekali dengan kegiatan analisis data. Analisis data ditujukan untuk bisa mengolah kumpulan data menjadi informasi yang bisa dipahami.

Proses dalam menganalisis data kemudian menggunakan teknik khusus. Supaya bisa lebih mudah untuk menarik kesimpulan dari kumpulan data yang didapatkan. Salah satu tekniknya adalah analisis data kualitatif yang berhubungan dengan data dalam bentuk bukan angka. Artikel kali ini akan membahas seputar informasi teknik analisis data kualitatif.

Macam-Macam Analisis Data Kualitatif


Analisis data dengan teknik kualitatif kemudian menggunakan beberapa teknik tertentu. Setiap peneliti bisa menggunakan satu jenis teknik dan bisa juga sebaliknya, yakni menggabungkan dua atau lebih teknik analisis data kualitatif.

Analisis data secara kualitatif dilakukan pada penelitian dengan metode kualitatif juga. Pada penelitian kuantitatif, peneliti mendapatkan data berbentuk angka. Sehingga untuk memproses data tersebut menjadi informasi diperlukan keterampilan matematis. Hal ini tidak berlaku pada saat melakukan penelitian kualitatif.

1. Teknik Analisis Data Model Miles dan Huberman


Pendapat pertama yang menyampaikan teknik analisis data kualitatif adalah Miles dan Huberman. Menurut keduanya, proses analisis data kualitatif dilakukan dengan tiga tahapan. Yaitu:

a. Reduksi Data

Tahap pertama dalam menganalisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman adalah reduksi data atau data reduction. Tahap reduksi data adalah tahap mereduksi atau menyederhanakan data agar bisa sesuai dengan kebutuhan dan tentunya mudah untuk didapatkan informasi.

Data yang didapatkan dari hasil wawancara, survei kepuasan pelanggan, pengamatan langsung di lapangan, dan sebagainya tentu memiliki bentuk yang kompleks. Semua data yang sudah didapatkan kemudian dikelompokan dari data yang sangat penting, kurang penting, dan tidak penting.

b. Penyajian Data

Dalam macam-macam analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman, setelah menyelesaikan tahap reduksi maka masuk ke tahap penyajian data atau data display. Sesuai dengan namanya, pada tahap ini peneliti bisa menyajikan data yang sudah direduksi atau disederhanakan di tahap sebelumnya.

Bentuk penyajian data kemudian beragam bisa disajikan dalam bentuk grafik, chart, pictogram, dan bentuk lain. Sehingga kumpulan data tersebut bisa lebih mudah disampaikan kepada orang lain. Selain itu juga mengandung informasi yang jelas dan pembaca bisa dengan mudah mendapatkan informasi tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4420 seconds (0.1#10.140)