Mengulik Jurusan Teknik Industri, Prospek Kerja dan Skill Mumpuni yang Dimiliki Alumninya

Kamis, 05 Oktober 2023 - 14:42 WIB
loading...
Mengulik Jurusan Teknik Industri, Prospek Kerja dan Skill Mumpuni yang Dimiliki Alumninya
Jurusan teknik industri memiliki prospek kerja yang cukup cerah di antaranya Engineering Manager yang tugasnya memastikan dan mengarahkan proyek penting agar berjalan baik. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Mengenal jurusan teknik industri , prospek kerja dan mata kuliah yang dipelajari. Jurusan Teknik Industri adalah salah satu jurusan di bidang ilmu rekayasa yang fokus pada perancangan, pengembangan, dan perbaikan sistem yang melibatkan manusia, mesin, bahan, energi, dan informasi dalam lingkungan industri.

Karena masuk dalam rumpun teknik, jurusan teknik industri sudah menjadi rahasia umum memiliki prospek kerja menjanjikan. Terlebih Indonesi disebut-sebut kekuarangan lulusan jurusan teknik, termasuk dalam hal ini teknik industri. Artikel kali ini akan membahas apa saja prospek kerja dan skill yang dimiliki jurusan teknik industri.

8 Prospek Kerja Bagus Lulusan Teknik Industri


1. Project Manager


Lulusan Teknik Industri juga memiliki keterampilan dalam manajemen proyek. Kamu dapat bekerja sebagai manajer proyek, mengawasi perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian proyek dalam lingkup industri yang beragam.

2. Engineering Manager


Kamu juga bisa bekerja sebagai seorang engineering manager, yang tugasnya adalah memastikan dan mengarahkan proyek penting agar berjalan dengan baik.

3. Data Analyst


Dalam era digital, lulusan Teknik Industri memiliki keterampilan analisis data yang kuat. Kamu dapat bekerja sebagai analis data, menggunakan teknik statistik dan pemodelan matematika untuk mengolah data operasional, mengidentifikasi tren, dan memberikan wawasan yang berharga untuk pengambilan keputusan.


4. Quality Controller


Lulusan Teknik Industri dapat bekerja sebagai quality controller yang bertanggung jawab untuk memastikan produk dan proses produksi memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. Kamu akan menggunakan alat dan metode statistik, seperti Six Sigma, untuk mengidentifikasi dan mengurangi ketidaksesuaian kualitas.

5. Product Analyst


Seorang product analyst bertugas untuk mengembangkan strategi marketing yang tepat untuk suatu produk dan membandingkannya dengan tren industri yang ada saat ini.

6. Marketing


Di bidang pemasaran, beberapa posisi yang bisa kamu tempati antara lain sebagai market research, technical sales, dan sebagainya. Banyak banget perusahaan yang membutuhkan posisi ini, guys.

7. Operation Manager


Lulusan Teknik Industri dapat bekerja sebagai manajer operasi di perusahaan manufaktur, logistik, atau jasa. Kamu akan bertanggung jawab untuk merencanakan, mengendalikan, dan meningkatkan efisiensi produksi, rantai pasokan, dan manajemen persediaan.

8. Konsultan


Lulusan Teknik Industri dapat bekerja sebagai konsultan manajemen, membantu perusahaan dalam mengoptimalkan operasi mereka, meningkatkan kualitas, mengelola proyek, dan mengembangkan strategi bisnis yang efektif.


Skill Mumpuni Mahasiswa Jurusan Teknik Industri

• Kemampuan untuk melakukan analisis dan berpikir sistematis

• Kemampuan manajerial dan problem solving.

• Mampu menilai efektivitas dan efisiensi sistem yang sudah ada, melakukan peningkatan kinerja dan mutu menggunakan prinsip-prinsip teknik industri.

• Mampu menganalisis dan merancang sistem industri yang terintegrasi dengan mempertimbangkan aspek teknis, ekonomis, sosial, dan lingkungan.

• Mampu mengaplikasikan metode-metode ilmiah seperti statistika, penelitian operasional, simulasi, rekayasa nilai, dan lain-lain untuk menyelesaikan masalah industri.

• Mampu mengelola sumber daya manusia, material, peralatan, dan energi secara optimal dalam sistem industri.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4012 seconds (0.1#10.140)
pixels