FK Universitas Yarsi Komitmen Cetak Dokter Unggul dan Islami

Kamis, 05 Oktober 2023 - 22:13 WIB
loading...
FK Universitas Yarsi Komitmen Cetak Dokter Unggul dan Islami
Jajaran pimpinan Universitas Yarsi berfoto bersama usai pelantikan Dekan Fakultas Kedokteran dan Konsultan Program Internasionalisasi FK Universitas Yarsi . Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Saat ini semakin banyak fakultas kedokteran yang dibuka di Indonesia. Tidak hanya di perguruan tinggi negeri (PTN) namun juga di perguruan tinggi swasta (PTS).

Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Prof Pratiwi Sudarmono, Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi didirikan pada tahun 1967 dan merupakan fakultas kedokteran pertama yang bernuansa islami.

"Fakultas Kedokteran yang mempunyai cita-cita menghasilkan dokter-dokter bermutu dan bisa mengintegrasikan nilai-nilai islam dalam praktik dan pelayanan ilmu kedokteran," katanya, dalam keterangan resmi, Kamis (5/10/2023).

Pratiwi yang juga Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) ini baru saja dilantik sebagai Dekan FK Universitas Yarsi. Pelantikan Pratiwi bersamaan dengan Ratna Sitompul sebagai Konsultan Program Internasionalisasi FK Universitas Yarsi, di Universitas Yarsi, Senin (2/10/2023).

Baca juga: Ganjar Pranowo Ingin Lawan Kemiskinan Melalui Akses Pendidikan yang Merata

Terkait dengan ramainya pembukaan fakultas kedokteran saat ini, Pratiwi menyebutkan bahwa komitmen untuk menjaga mutu itu sangat besar. FK Universitas Yarsi juga komitmen menghasilkan lulusan kedokteran yang tak hanya unggul namun juga peka terhadap masyarakat dan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan kedokteran sekaligus mengintegrasikan nilai-nilai islami dalam pelayanan.

"Ini jadi upaya kita untuk menyumbangkan tenaga kedokteran bermutu bagi masyarakat Indonesia" ucap Pratiwi.

Terkait dengan mutu dan juga pembukaan fakultas kedokteran, dalam Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) sebelumnya, lebih dari 160 mahasiswa FK Yarsi lulus dengan status cumlaude.

"Sehingga kita telah membuktikan kita mempunyai sistem belajar mengajar unggul dan pantas untuk dibanggakan," imbuhnya.

Dia juga menjelaskan, FK Universitas Yarsi juga akan berintegrasi dengan RS Yarsi agar lulusannya bisa memberi dampak lebih masif terhadap ilmu kedokteran dan pelayanan kesehatan di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2206 seconds (0.1#10.140)