6 Tips Meningkatkan Skor IELTS untuk Reading dan Speaking

Rabu, 11 Oktober 2023 - 12:20 WIB
loading...
6 Tips Meningkatkan Skor IELTS untuk Reading dan Speaking
IELTS dirancang untuk mengukur kemampuan Individu dalam mendengarkan,membaca,menulis, dan berbicara. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - IELTS merupakan kepanjangan dari International English Language Testing System atau ujian kemampuan berbahasa Inggris yang diakui secara internasional. IELTS dirancang untuk mengukur kemampuan Individu dalam mendengarkan,membaca,menulis, dan berbicara.

Ujian IELTS merupakan syarat wajib bagi Individu yang ingin melakukan pertukaran pelajar ke luar negeri, bekerja, atau bahkan tinggal dan menetap di negara-negara yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utamanya seperti, Australia, Kanada, dan Amerika Serikat.

Tips Meningkatkan Skor IELTS Untuk Reading

1. Ubah Mindset


Jika Anda masih malas untuk membaca, ubah mindset Anda dengan berfikir bahwa ketika Anda membaca, Anda akan mendapatkan ilmu pengetahuan baru dan kosata baru yang akan membantu Anda dalam melakukan ujian IELTS.

Baca juga: Teks Laporan: Pengertian, Struktur, Langkah-langkah Menulis, dan Contohnya

2. Belajar Strategi Jawab Soal Reading


Latihan dalam menjawab soal IELTS sangat baik, tetapi akan jauh lebih baik ketika kita mempelajari strategi dalam menjawab soal. Luangkan waktu anda untuk mengerjakan latihan soal sebanyak banyaknya agar melatih otak Anda dalam menjawab soal IELTS.

3. Perbanyak Membaca Buku Berbahasa Inggris


Tips ini merupakan hal penting ketika Anda ingin mendapatkan skor tinggi dalam IELTS. Perbanyak membaca buku berbahasa inggris dapat meningkatkan jumlah kosakata yang nantinya akan membantu Anda dalam menjawab berbagai soal.

Tips Meningkatkan Skor IELTS Untuk Speaking

1. Percaya Diri


Sikap percaya diri tentu sangat dibutuhkan ketika ingin melakukan ujian IELTS. Perasaan cemas sangat normal ketika sedang melakukan ujian speaking pada IELTS, Namun memberikan kesan percaya diri di depan penguji juga dapat membantu dalam membangun hubungan dengan penguji ketika sedang mengikuti ujian IELTS.

Baca juga: 5 Langkah Menulis Teks Biografi, Lengkap dengan Penjelasan dan Struktur

2. Melakukan Brainstorming


Melakukan brainstorming sangat membantu Anda dalam menjawab pertanyaan dengan lebih siap dan tepat tanpa membutuhkan banyak waktu untuk berfikir. Dengan sering melakukan brainstorming, Anda akan lebih lugas dalam menjawab dan tidak bertele tele.

3. Hindari Menggunakan Kosakata Yang Sulit

Ketika sedang melakukan ujian speaking IELTS, hindari penggunaan kosakata yang sulit dan membuat Anda kebingungan. Gunakan kosakata yang Anda kuasai, sehingga akan terlihat lebih baik.

MG/Kalyca Keysha Alfiani
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4072 seconds (0.1#10.140)