5 Universitas di Indonesia dengan Jurusan AI Berikut Prospek Kariernya

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 16:37 WIB
loading...
5 Universitas di Indonesia dengan Jurusan AI Berikut Prospek Kariernya
Lima universitas di Indonesia dengan jurusan Artificial Intelligence (AI) dan juga informasi prospek kariernya. Foto/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah Artifical Intelligence (AI) kini sudah mulai dilirik oleh banyak orang. Dulu, perusahaan memerlukan banyak tenaga kerja untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Kini semenjak adanya AI , tenaga kerja banyak yang tergeser untuk mengurangi cost yang ada.

Kini, teknologi AI bisa dipelajari di universitas. Terdapat lima universitas di Indonesia dengan jurusan AI dan prospek kerja yang menarik untuk disimak.

5 Universitas di Indonesia dengan Jurusan AI

1. Sains Data dan Kecerdasan Buatan - Universitas Sumatera Utara (USU)

Program studi di USU membekali mahasiswanya dengan kemampuan umum dalam dua ilmu khusus yaitu sains data dan kecerdasan buatan. Program studi ini tersedia untuk S2.

Baca juga: 6 Public Figure Indonesia Lulusan Kampus Ivy League, Nomor 5 Ada Menteri Muda

Prospek kerja yang ditawarkan adalah sebagai analisis data (data analyst), saintis data (data scientist), dan perekayasa data (data engineer).

2. Kecerdasan Artificial - Universitas Gadjah Mada (UGM)


Program studi di UGM ini hanya tersedia untuk jenjang S2 dan membekali mahasiswanya untuk membangun fundamental kecerdasan artifisial yang memberikan solusi dalam menyelesaikan masalah pada dunia nyata (sains, teknologi, kesehatan, sosial ekonomi, pangan, dan ketahanan nasional).

Program studi ini menawarkan prospek kerja sebagai peneliti, dosen, guru, data scientist, dan data analyst, AI specialist, AI engineer, AI Scientist, machine learning egineer, business intelligence developer, AI entrepreneur, chief AI scientist start-up.

3. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan - Universitas Airlangga (Unair)


Program studi ini berfokus pada pengembangan integrasi antar robotika dan kecerdasan buatan untuk menghasilkan sistem otonom yang diterapkan di berbagai bidang. Mata kuliah yang dipelajari seperti ilmu komputer, mekatronik, elektronika, sistem kendali, sistem siber-fisik, desain robot, penerapan robotika, dan integrasi kecerdasan buatan dalam sistem robot.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Ranah IT yang Banyak Diincar BUMN, Ini Daftarnya

Unair menyediakan program studi ini untuk jenjang S1 dengan prospek kerja menjadi tenaga ahli robotika, tenaga ahli kecerdasan buatan, ahli otomasi industri, tenaga ahli/manajer/supervisor, dan konsultan AI.

4. Artificial Intelligence - BINUS University


Program studi ini sangat berfokus pada AI dan akan mempelajari AI secara mendalam, seperti konsep dan skill yang diperlukan untuk memperdalam penggunaan AI di perusahaan. Binus menyediakan program studi ini untuk jenjang S1 dengan menawarkan prospek kerja menjadi machine learning engineer, AI professional, research scientist, data scientist, computer scientist, computer engineer, dan programmer.

5. Rekayasa Kecerdasan Artificial - Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS)

Program studi ini mempelajari pengembangan sistem yang mampu meniru kemampuan manusia dalam berfikir, belajar, dan beradaptasi dengan lingkungan. Selain itu, program studi ini juga akan mempelajari keilmuan komputer yang berhubungan dengan AI.

Rekayasa Kecerdasan Artificial tersedia untuk jenjang S1 dengan menawarkan prospek kerja menjadi artificial intelligence/machine learning engineer, data intelligence Analyst, Social Data/Media analyst, graphics and computer vision engineer, game and animation programmer/developer, dan extended reality programmer/developer.

Dari 5 kampus yang menyediakan jurusan terkait kecerdasan buatan itu adakah yang buat kamu tertarik mendaftar di tahun depan? Semoga informasi ini bermanfaat ya.

MG/Shandya Pricilla
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0719 seconds (0.1#10.140)