Mau Kerja di Pertamina? Ini 5 Jurusan Kuliah Teknik yang Lulusannya Banyak Dibutuhkan

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 10:15 WIB
loading...
Mau Kerja di Pertamina? Ini 5 Jurusan Kuliah Teknik yang Lulusannya Banyak Dibutuhkan
Pertamina banyak mencari lulusan perguruan tinggi dengan latar belakang jurusan teknik salah satu teknik perminyakan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 jurusan kuliah teknik yang lulusannya banyak dibutuhkan Pertamina . Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN terbesar di Indonesia yang bergerak di bidang energi, khususnya minyak dan gas.

Masuk menjadi pegawai Pertamina merupakan impian banyak lulusan perguruan tinggi karena perusahaan minyak pelat merah itu menawarkan gaji dan tunjangan besar. Namun, tidak semua jurusan kuliah teknik lulusannya bisa masuk ke Pertamina.

Hanya jurusan tekni tertentu yang dinilai masuk kualifikasi untuk bekerja di perusahaan yang saat ini dinahkodai Nicke Widyawati tersebut. Lalu program studi teknik apa yang lulusannya banyak diincar Pertamina? Dirangkum dari akun TikTok @vmulin, berikut ini 5 jurusan kuliah teknik yang lulusannya berpeluang besar berkarier di Pertamina

5 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Banyak Dibutuhkan Pertamina


1. Teknik Kimia


Jurusan kuliah teknik kimia adalah sebuah cabang ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, dapat berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi. BUMN Pertamina sangat memerlukan jurusan kuliah ini, untuk mata kuliahnya sendiri lebih banyak menggunakan matematika dan fisika.

2. Teknik Mesin


Teknik Mesin merupakan sebuah bidang keilmuan yang mempelajari prinsip dasar fisika untuk analisis, desain, manufaktur, dan memelihara sebuah sistem mekanik. Pertamina banyak mencari lulusan dari teknik mesin. Rata-rata gaji Staf Teknik Mekanik Pertamina per bulan di Indonesia adalah sekitar Rp17.000.000.


3. Teknik Perminyakan


Jurusan kuliah Teknik Perminyakan ini berfokus kepada tambang minyak, gas, dan panas bumi, meliputi kegiatan pengeboran, eksplorasi, distribusi dan ekonomi migas. Pertamina juga banyak mencari lulusan dari teknik perminyakan, dengan rata-rata besaran income yang diterima oleh lulusan Teknik Perminyakan mencapai Rp 20 jutaan per bulan.

4. Teknik Industri


Teknik Industri adalah jurusan kuliah yang menggabungkan bidang ilmu teknik dengan ilmu manajemen.Pertamina banyak membutuhkan lulusan dari teknik industri, dengan gaji Staf Teknik Industri di Pertamina per bulan di Indonesia adalah sekitar Rp8.370.660.

5. Kimia

Jurusan kuliah kimia adalah ilmu pengetahuan pusat yang menjembatani ilmu fisika, geologi, dan biologi.Prospek kerjanya juga cukup menjanjikan, salah satunya banyak dicari oleh BUMN Pertamina.Mayoritas untuk seorang Ahli Kimia mendapatkan gaji antara Rp3 juta hingga Rp10 juta per bulan di 2023, belum termasuk tunjangan jika perusahaan atau Instansi menerapkannya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1569 seconds (0.1#10.140)