10 Rekomendasi Kerja Sampingan Cocok untuk Dosen yang Patut Dipertimbangkan

Senin, 16 Oktober 2023 - 12:44 WIB
loading...
10 Rekomendasi Kerja Sampingan Cocok untuk Dosen yang Patut Dipertimbangkan
Salah satu pekerjaan yang aman dijalani dosen salah satunya adalah pekerjaan Sampingan lain yang aman dan ideal dijalankan oleh para dosen adalah dengan menjadi pembicara atau narasumber. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 10 rekomendasi kerja sampingan yang cocok untuk dosen. Dosen memang profesi yang bisa dikatakan unik karena memiliki keleluasaan untuk menjalankan pekerjaan sampingan. Peluang ini muncul dari waktu luang yang lumayan sekaligus adanya jumlah penghasilan dari dosen yang tidak bisa dikatakan besar.

Namun menjalankan kerja sampingan untuk dosen tersebut tidak bisa asal, karena beresiko menanggalkan profesi dosen atau sebaliknya. Lalu, bagaimana agar keduanya bisa berjalan beriringan? Pekerjaan sampingan apa yang cocok buat dosen? Artikel kali ini akan mengulasnya secara tuntas, simak ya!

10 Rekomendasi Kerja Sampingan yang Cocok untuk Kalangan Dosen


1. Mengajar di Semester Pendek


Pilihan pertama adalah mengajar di semester pendek, yakni menjadi dosen untuk kuliah semester pendek di masa liburan. Semester pendek sendiri merupakan kegiatan kuliah yang sengaja dipersingkat dan dijalankan diantara libur semester panjang.

Sehingga untuk dosen yang merasa jenuh menikmati libur kuliah panjang dengan berdiam di rumah. Bisa mencoba tetap aktif mengajar di semester pendek tersebut. Selain memanfaatkan waktu luang agar tetap produktif, juga mendapat tambahan penghasilan.

2. Menjadi DPL


Opsional kerja sampingan untuk dosen berikutnya adalah dengan menjadi DPL atau Dosen Pendamping Lapangan. DPL sendiri akan bertugas mendampingi mahasiswa yang menjalani program KKN. Sehingga bisa melancarkan kegiatan KKN tersebut.

3. Pembimbing Magang


Selain menjadi dosen pendamping KKN, dosen juga bisa menjadi pembimbing mahasiswa yang magang di suatu lembaga atau perusahaan. Sehingga bertanggung jawab terhadap mahasiswa yang bersangkutan. Sekaligus sebagai penghubung antara mahasiswa dengan perusahaan tempatnya magang.

4. Pembimbing Mahasiswa Tingkat Akhir


Masih di ruang lingkup kampus, dosen juga bisa mendapat tambahan kegiatan dan penghasilan dengan menjadi dosen pembimbing skripsi, tesis, dan disertasi. Honor yang didapatkan lumayan dan dituntut untuk profesional dalam memanajemen waktu agar bisa memberi bimbingan dengan maksimal. Melalui pilihan ini, maka dosen bisa sekaligus belajar manajemen waktu dengan baik.

5. Dosen Terbang


Suka dengan kegiatan mengajar dari profesi dosen? Jika memang menyukainya dan ditambah tidak merasa keberatan untuk berkunjung ke banyak tempat. Maka bisa menekuni pekerjaan dosen terbang, yakni dosen tamu untuk sejumlah perguruan tinggi.
6. Pembicara atau Narasumber

Sampingan lain yang aman dan ideal dijalankan oleh para dosen adalah dengan menjadi pembicara atau narasumber. Sebagai salah satu tenaga ahli di sebuah bidang, dosen sering diminta menjadi pembicara acara.

7. Penulis Buku dan Modul Kuliah


Pada dasarnya di dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, dosen juga memiliki tugas untuk aktif menulis buku dan karya ilmiah. Publikasinya sebagai bagian penting dari transfer ilmu ke generasi penerus bangsa dan masyarakat luas.



Hanya saja dengan aktif menulis dan berhasil mempublikasikan karya tulis tersebut, dosen juga menerima penghasilan tambahan. Misalnya menulis buku pendidikan sesuai bidang ilmu yang dikuasai. Setelah terbit, maka setiap buku yang laku akan menciptakan royalti.

8. Usaha Studio Foto


Pilihan pekerjaan sampingan berikutnya adalah membuka studio foto, usaha ini bisa dibuka di area dekat kampus atau di dekat hotel. Sehingga bisa melayani mahasiswa yang wisuda untuk mengabadikan momen tersebut.

9. Jasa Konveksi


Kamu juga bisa mencoba kerja sampingan untuk dosen dengan membuka jasa konveksi, misalnya konveksi khusus jas almamater. Bisa bekerjasama dengan pihak kampus dimana kamu mengajar.

Sehingga setiap tahunnya selalu menerima pesanan ratusan sampai ribuan jas almamater untuk mahasiswa baru maupun mahasiswa lama yang membeli kembali. Hasilnya lumayan, dan tidak menuntut kamu untuk fokus di usaha tersebut.

10. Bisnis Laundry Kiloan


Dosen juga terbilang cocok untuk merintis usaha laundry kiloan, di mana target pasarnya sangat luas. Mulai dari mahasiswa, karyawan kantoran, karyawan pabrik, dan masyarakat umum.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1615 seconds (0.1#10.140)