Membangun Pembelajaran Menyenangkan agar Anak Mencintai Sekolah

Kamis, 26 Oktober 2023 - 09:27 WIB
loading...
Membangun Pembelajaran Menyenangkan agar Anak Mencintai Sekolah
Acara Upgrading Kepemimpinan Pembelajaran digelar BBGP Jateng yang dihadiri 6.500 Guru Penggerak. Foto/GSM.
A A A
JAKARTA - Pendidikan adalah tulang punggung pembangunan suatu negara. Melihat pentingnya pendidikan yang berkualitas bagi generasi muda , menjadi perhatian penting dan kebutuhan yang mendesak terhadap perubahan sistem pendidikan di Indonesia.

Pada Minggu, 20 Oktober 2023, Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menyelenggarakan acara “Upgrading Kepemimpinan Pembelajaran” yang dihadiri oleh 6.500 Guru Penggerak dari seluruh wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Hadir sebagai pembicara, Muhammad Nur Rizal sebagai Founder Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) dengan tema “Pendidikan yang Memanusiakan Siswa”, ia membawa semangat perubahan dengan gagasan perubahan paradigma pendidikan dan bagaimana pembelajaran menyenangkan yang berpusat pada siswa.

Rizal membahas krisis besar dalam dunia pendidikan yang belum banyak disadari. “Krisis ini disebut krisis sumber daya manusia, yaitu ketika manusia tidak pernah menemukan talenta, potensi, dan passion yang ada di dalam dirinya,” ungkap Rizal, dalam siaran pers, Kamis (26/10/2023).

Baca juga: Urgensi Pelajar Terapkan Etika dan Tata Krama saat Berinteraksi di Dunia Maya

Rizal menjelaskan, kurikulum pendidikan dan sistem pendidikan adalah guru itu sendiri. “Jika hadir guru yang memanusiakan manusia yang memberi kesempatan luas bagi muridnya untuk mengembangkan 3 kodrat manusia, yakni keragaman talenta, rasa ingin tahu, dan kreativitasnya, maka para siswa dan sekolah yang dianggap mati oleh masyarakat atau orang tuanya akan kembali tumbuh menjadi sekolah yang dicintai anak-anaknya,” ujarnya.

Rizal menekankan pentingnya pendidikan yang berfokus pada proses belajar, dan tujuan guru adalah untuk memastikan siswanya tidak pernah berhenti untuk belajar.

Ia juga memberikan pernyataan bagaimana ciri sekolah menyenangkan, “Ketika guru dan murid punya tujuan moral dalam dirinya, maka ia akan disiplin. Maka ciri sekolah menyenangkan adalah berdisiplin tanpa harus ditakut-takuti, belajar tanpa harus dipaksa, berprestasi tanpa harus merasa tertekan,” terangnya.

Ali Sodikin sebagai penggiat komunitas dan leader komunitas GSM Jawa Tengah mengatakan bahwa sudah ada sekitar 700an anggota baru yang sudah bergabung dari wilayah Jawa Tengah. Selain itu, terjadi pengembangan masif dari komunitas-komunitas di daerah yang sebelumnya belum tersentuh di wilayah Jawa Tengah.

Baca juga: 20 Contoh Teks Negosiasi di Sekolah Bersama Teman
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)