Capres Cawapres dengan Gelar Pendidikan Terbanyak, Siapa Saja?

Selasa, 31 Oktober 2023 - 08:58 WIB
loading...
Capres Cawapres dengan Gelar Pendidikan Terbanyak, Siapa Saja?
Dari ketiga pasang capres dan cawapres tersebut, ada capres dan cawapres yang mempunyai gelar pendidikan terbanyak. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Tiga pasangan capres dan cawapres telah mendeklarasikan diri maju dalam Pemilu 2024 mendatang. Mereka antara lain Anies Baswedan-Muhaiman Iskandar, Ganjar Pranowo- Mahfud MD , dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dari ketiga pasang capres dan cawapres tersebut, ada capres dan cawapres yang mempunyai gelar pendidikan terbanyak. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

1. Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, S.H., S.U., M.I.P

Mohammad Mahfud MD atau yang lebih dikenal Mahfud MD merupakan cawapres 2024 yang mempunyai gelar pendidikan terbanyak. Saat ini, Mahfud maju sebagai cawapres mendampingi Ganjar Pranowo pada pemilihan presiden 2024.

Pria kelahiran Sampang, Madura, 13 Mei 1957 ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan di Kabinet Indonesia Maju.

Melansir laman ppid.polkam.go.id, Mahfud pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi pada 2008-2013 dan Menteri Pertahanan pada 2000-2001.

Baca juga: Arti Gelar Pendidikan Djaja Surya Atmadja, Ahli Forensik Pertama Indonesia yang Menangani Kasus Kopi Sianida

Mahfud kuliah di Fakultas Hukum UII (Universitas Islam Indonesia) di jurusan Hukum Tata Negara pada jenjang S1. Di saat yang sama, ia juga kuliah di jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra dan Kebudayaan UGM (Universitas Gadjah Mada).

Selanjutnya, Mahfud mengambil program S2 bidang studi Ilmu Politik di UGM. Mahfud lalu menekuni Ilmu Hukum Tata Negara di UGM di jenjang S3. Diketahui, Mahfud adalah Profesor Hukum Tata Negara di UII.

2. Anies Rasyid Baswedan S.E., M.P.P., Ph.D


Anies Rasyid Baswedan atau dikenal Anies Baswedan merupakan calon presiden pada pemilihan presiden di Pemilu 2024. Ia maju sebagai capres didampingi Muhaimin Iskandar sebagai cawapres.

Baca juga: Gelar dan Riwayat Pendidikan Cawapres Indonesia 2024, Alumni Kampus Mana Saja?

Sebelumnya, Anies menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 2017-2022 dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Kabinet Kerja.

Anies lahir di Kuningan, Jawa Barat, 7 Mei 1969. Pendidikan S1 ia tempuh di Fakultas Ekonomi UGM (Universitas Gadjah Mada). Anies aktif berorganisasi dengan bergabung Himpunan Mahasiswa Islam, kemudian menjadi salah satu anggota Majelis Penyelamat Organisasi HMI UGM.

Pada 1993, Anies mendapat beasiswa dari JAL Foundation untuk mengikuti kuliah musim panas di Sophia University, Tokyo bidang kajian Asia.

Selanjutnya, Anies mengenyam pendidikan S2 di Universitas Maryland, College Park, Amerika Serikat dan mendapat gelar Master of Public Management pada 1998. Setelah itu, Anies menyelesaikan pendidikan S3 dan meraih gelar Doctor of Philosophy dari Northern Illinois University, Amerika Serikat pada 2004.

Demikian tadi capres dan cawapres dengan gelar terbanyak. Semoga informasi ini bermanfaat ya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1108 seconds (0.1#10.140)