Membanggakan, Siswa Madrasah Kakak Beradik Sabet Juara 1 International Islamic School Robot Olympiad

Kamis, 02 November 2023 - 09:48 WIB
loading...
Membanggakan, Siswa Madrasah Kakak Beradik Sabet Juara 1 International Islamic School Robot Olympiad
Kakak beradik Avicenna Raghid Putra Sidik dan Aysha Arsyivania Avariella dari tim robotic MI Pembangunan UIN Jakarta meraih juara 1 International Islamic School Robot Olympiad (IISRO). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Prestasi siswa madrasah di kancah internasional terus bermunculan. Baru-baru ini, siswa madrasah kembali mengukir prestasi dalam ajang International Islamic School Robot Olympiad (IISRO) di Kuala Lumpur Malaysia pada 27 – 29 Oktober 2023.

Adalah pasangan kakak beradik tim robotic Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang berhasil meraih juara 1 International Islamic School Robot Olympiad (IISRO).

Mereka berdua adalah Avicenna Raghid Putra Sidik yang saat ini duduk di Kelas 7F MTs Pembangunan meraih Juara I Maze Solving Junior dan Juara I Robot ASV (Amphibious Solar Vehicle) Junior. Sementara adiknya, Aysha Arsyivania Avariella, (Kelas 5G Madrasah Ibtidaiyah Pembangunan), Juara I Maze Solving First Step dan Juara I Robot ASV (Amphibious Solar Vehicle) First Step.

IISRO 2023 merupakan salah satu kompetisi robotika tingkat Internasional untuk siswa sekolah dasar dan menengah Islam. Ada 12 kategori kompetisi yang diadopsi dari beberapa kompetisi robotika Internasional. IISRO 2023 diikuti para siswa dari 15 negara.

“Alhamdulillah, Avicenna Raghid Putra Sidik dan Aysha Arsyivania Avariella, kakak adik siswa Madrasah Pembangunan meraih prestasi pada IISRO 2023. Masing-masing dari keduanya meraih juara I pada dua kategori,” ujar Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Pembangunan Jaenal Mutaqin di Kuala Lumpur, Selasa (31/10/2023).



Kepala MI Pembangunan Wahyudi mengapresiasi prestasi dua siswa Madrasah Pembangunan pada IISRO 2023. Menurutnya, prestasi yang diraih itu tidak terlepas dari proses pembinaan yang berlangsung di lembaga pendidikannya. Dukungan dari orang tua dan keluarga juga menjadi faktor penting.

“Avicenna Raghid Putra Sidik dan Aysha Arsyivania Avariella tumbuh dalam keluarga yang memang mencintai robotika. Keduanya sangat berbakat. Dipadu dengan pola pembinaan di Madrasah Pembangunan, alhamdulillah banyak prestasi yang telah ditorehkan,” sebut Wahyudi dalam keterangan resminya, Kamis (2/11/2023).

Prestasi dua siswa Madrasah Pembangunan ini disambut baik Plt Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kemenag Sidik Sisdiyanto. Menurut Sidik, prestasi ini menunjukkan robotika muda Indonesia juga kompetitif pada ajang internasional.

“IISRO digelar untuk mendorong para robotika muda agar lebih mengembangkan kreatifitasnya di bidang robotika, sehingga bidang teknologi kelak dapat berkembang. Prestasi dua siswa madrasah pembangunan ini menunjukkan bahwa talenta Indonesia juga kompetitif,” jelas Sidik yang juga orang tua dari Avicenna Raghid Putra Sidik dan Aysha Arsyivania Avariella.

Menurut Sidik, prestasi ini adalah bukti nyata bahwa pendidikan di madrasah mampu menghasilkan peserta didik unggulan yang bisa bersaing di tingkat internasional.

“Kami berharap prestasi ini akan menginspirasi siswa-siswa madrasah yang lain untuk mengejar cita-cita mereka dan terus mengembangkan potensi masing-masing khususnya di bidang robotik,” pungkasnya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3010 seconds (0.1#10.140)