Ini Beda Jurusan Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis yang Perlu Diketahui, Jangan Gagal Paham

Senin, 06 November 2023 - 10:18 WIB
loading...
A A A

Jurusan Manajemen Bisnis


1. Manajemen Bisnis merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang manajemen, kepemimpinan, manajemen sumber daya manusia, dan operasional personel bisnis.

2. Mahasiswa yang mengambil Jurusan Manajemen Bisnis akan lebih fokus mempelajari sisi analisis, perencanaan, dan operasi bisnis.

3. Jadi, kalau kuliah di Jurusan Manajemen Bisnis, maka seorang mahasisa akan mempelajari dasar-dasar pemasaran, ekonomi, keuangan, hukum dan etika. Tak cuma itu, kamu juga bisa belajar ilmu yang lebih spesifik seperti Perencanaan Bisnis atau Manajemen Sumber Daya Manusia.

4. Lulusan Manajemen Bisnis memiliki tanggung jawab di level yang lebih tinggi seperti kerja sama antar perusahaan

Sejumlah perguruan tinggi negeri yang membuka jurusan administrasi bisnis


1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

2. Universitas Sebelas Maret (UNS

3. Politeknik Negeri Medan

4. Politeknik Negeri Manado

5. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Perbedaan Jurusan Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis


1. Perbedaan ruang lingkup ilmu yang dipelajari


Pada dasarnya, perbedaan utama antara Jurusan Administrasi Bisnis dengan Manajemen Bisnis bisa dilihat dari ruang lingkup ilmu yang dipelajari. Singkatnya, Administrasi Bisnis merupakan spesialis (khusus), sedangkan Manajemen Bisnis merupakan generalisasi (umum).

2. Perbedaan tanggung jawab dalam dunia kerja


Di dunia kerja, perbedaan antara lulusan Jurusan Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis juga sangat terlihat signifikan lho. Lulusan Administrasi Bisnis akan memiliki tugas di satu bidang yang spesifik saja. Seperti bertanggung jawab atas administrasi akuntansi, administrasi IT, atau administrasi bangunan kantor.

Sementara itu, lulusan Manajemen Bisnis memiliki tanggung jawab di level yang lebih tinggi. Seperti bertanggung jawab atas pengembangan bisnis, kerja sama dengan perusahaan lain, dan lain-lain.

3. Perbedaan karier di masa depan

Saat sudah bekerja, biasanya orang yang mempelajari dan berpengalaman di bidang Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis akan memiliki jalur karier yang berbeda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)