5 Pekerjaan yang Diprediksi Bersinar di Masa Depan, Nomor 3 Peternak Ikan

Selasa, 07 November 2023 - 10:29 WIB
loading...
5 Pekerjaan yang Diprediksi Bersinar di Masa Depan, Nomor 3 Peternak Ikan
5 pekerjaan yang diprediksi akan bersinar di masa depan menarik untuk disimak. Foto/rawpixels.com/freepik.
A A A
JAKARTA - 5 pekerjaan yang diprediksi akan bersinar di masa depan menarik untuk disimak. Dengan mengetahui peta pekerjaan masa depan maka juga akan semakin mudah untuk menentukan jurusan kuliah .

Globalisasi, kemajuan teknologi, disrupsi teknologi, hingga perubahan perilaku konsumen adalah sejumlah hal yang bisa mengubah peta pekerjaan di masa depan.

Baca juga: Penyebab Banyak Lulusan Perguruan Tinggi Sulit Mendapat Kerja, Persaingan hingga Skill Tak Cocok

Bahkan World Economic Forum (WEF) telah memprediksi pertumbuhan permintaan tenaga kerja sebesar 10.2 persen dan penurunan sebesar 12.3 persen. Jumlah ini berarti akan muncul 69 juta tenaga kerja baru dan 83 juta tenaga kerja akan hilang.

Dikutip dari laman Tanoto Foundation, berikut ini 5 profesi yang akan dicari di masa depan dan bisa menjadi pilihan karier Tanoto Scholars.

1. Ahli Keamanan Cyber


Transaksi daring saat ini telah berkembang pesat di tengah masyarakat. Memang mempermudah hidup namun ada efek negatifnya seperti kejahatan siber. Maka dari itu diperlukan sistem keamanan siber yang tanggung dari seorang ahli.

Semakin besarnya jumlah transaksi daring memerlukan semakin banyak tenaga ahli keamanan cyber. Mulai dari hari ini dan di masa depan, ahli keamanan cyber akan menjadi profesi yang sangat menjanjikan.

2. Analis Data


Kata big data tidak bisa dilepaskan dari perkembangan teknologi seperti saat ini. Semakin tumbuhnya data di dunia khususnya terkait perilaku manusia maka peran analis data semakin dibutuhkan.

mampu memetakan data menjadi lebih sederhana dan mudah dipahami. Misalnya saja kebiasaan seseoang yang belanja melalui ecommerce seperti apa dan berapa nilai belanja mereka setiap bulan.

Pemetaan data tadi lalu dianlisis dan dijadikan landasan untuk mengembangkan bisnis atau memecahkan masalah dalam masyarakat.

3. Peternak ikan akuaponik


Salah satu hobi yang juga bisa mendatangkan cuan adalah beternak ikan. Saat ini muncul nama profesi “aquaponic fish farmer” atau peternak ikan akuaponik.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah yang Ditunggu Banyak Lapangan Pekerjaan hingga Tahun 2030

Pada 2030 mendatang, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperkirakan sampah plastik di laut lebih banyak dari jumlah ikan. Kondisi ini akan meningkatkan profesi peternak ikan.

Para peternak akuaponik tidak hanya memelihara ikan dalam kolam, tapi juga menumbuhkan berbagai tanaman di atasnya dan menghasilkan berbagai berbagai sayuran. Satu media untuk menghasilkan dua bahan pangan.

4. Spesialis energi terbarukan


Insinyur di bidang energi mungkin banyak, tapi insinyur di bidang energi terbarukan mungkin jumlahnya masih terbatas. Profesi ini akan menjadi favorit di masa mendatang, karena kebutuhan teknologi energi terbarukan di masa depan akan semakin meningkat.

Semakin menipisnya cadangan bahan bakar fosil, mengharuskan negara atau lembaga untuk mengaplikasikan teknologi energi terbarukan sehingga pintu untuk berkarya di bidang energi terbarukan akan semakin luas di masa depan.

5. Penyederhana masalah


Profesi yang terakhir ini mungkin belum familiar atau bahkan terdengar aneh. Namun jangan salah, profesi penyederhana masalah ini di masa depan akan diburu berbagai perusahaan besar. Tugasnya adalah menyederhanakan masalah dalam perusahaan seperti memangkas birokrasi perusahaan yang awalnya 10 proses menjadi 3-4 proses saja.

Penyederhana masalah ini sangat diperlukan, karena bisa memangkas biaya, sekaligus meningkatkan produktivitas.

Demikian tadi 5 profesi yang akan bersinar di masa depan dari sekian banyak peluang kerja yang dibutuhkan 5 hingga 10 tahun mendatang. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1590 seconds (0.1#10.140)