Universitas yang Membuka Jurusan Kriminologi Terpopuler di Indonesia, Ini Prospek Kerjanya

Rabu, 08 November 2023 - 13:13 WIB
loading...
Universitas yang Membuka Jurusan Kriminologi Terpopuler di Indonesia, Ini Prospek Kerjanya
Salah satu universitas di Indonesia yang memiliki jurusan kriminologi adalah UI. Jurusan kriminologi UI bernaung di bawah FISIP UI.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini deretan universitas yang memiliki jurusan kriminologi terpopuler di Indonesia. Jurusan Kriminologi bisa disebut sebagai salah satu jurusan keren sekaligus berpotensi memberikan kamu masa depan cerah di masa depan setelah kamu lulus.

Secara umum jurusan kriminologi merupakan program studi/jurusan yang berasal dari rumpun Soshum. Lalu di perguruan tinggi manakah yang membuka jurusan kriminologi terpopuler di Indonesia serta bagaimana prospek karier di masa depan? Untuk menjawab hal itu, artikel kali ini akan menguraikannya, simak ya!

Universitas yang Membuka Jurusan Kriminologi di Indonesia


1. Universitas Indonesia (UI)

Jurusan Kriminologi di Universitas Indonesia berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Jurusan Kriminologi UI bisa dibilang merupakan prodi Kriminologi pertama yang ada di Indonesia.

Tiga konsentrasi/peminatan yang ditawarkan di jurusan Kriminologi Universitas Indonesia antara lain adalah Penegakan Hukum, Jurnalistik, dan Kejahatan Transnasional.



Program studi satu ini juga memiliki tujuan untuk menghasilkan berbagai lulusan yang mampu menguasai berbagai dasar ilmiah serta pengetahuan dan metodologi kriminologi.

Sehingga nanti di masa depan mereka akan mampu untuk merumuskan berbagai alternatif kebijakan mengenai pencegahan dan penanggulangan kejahatan sebagai masalah sosial.

2. Universitas Budi Luhur


Di Universitas Budi Luhur, jurusan Kriminologi berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Jurusan Kriminologi Universitas Budi Luhur sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin mempelajari terkait Crime Journalism Investigation (Investigasi Jurnalisme Kejahatan) dan Cyber Crime (Kejahatan Dunia Maya).

Dilansir dari laman resmi BAN-PT, Universitas Budi Luhur menjadi satu-satunya institusi pendidikan tinggi swasta yang menyediakan program studi Kriminologi di Indonesia.

Program studi Kriminologi di Universitas Budi Luhur memiliki visi untuk menjadi program pengajaran yang unggul terutama dalam bidang Jurnalistik Kriminal (Crime Journalism) dan Kejahatan Siber (Cyber Crime).

3. Universitas Islam Riau


Universitas Islam Riau berlokasi di Pekanbaru, Riau. Jurusan Kriminologi Universitas Islam Riau berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Dikutip dari laman resmi BAN-PT, Universitas Islam Riau yang berada di Kopertis X ini menjadi satu-satunya institusi pendidikan tinggi yang menyediakan program studi Kriminologi di seluruh pulau Sumatera.

Prospek Kerja Lulusan dari Jurusan Kriminologi


Banyak alumni Jurusan Kriminologi UI yang menjalani karier sebagai staf ahli BNN, tergabung di Komnas HAM, BNPT, KPAI, Komnas Perempuan, KPK, Kejaksaan, Kepolisian, Kementerian, hingga di berbagai perusahaan baik perusahaan negara maupun swasta.

Tak sampai di situ. Terdapat berbagai profesi konvensional yang banyak ditekuni oleh alumni jurusan di bidang Kriminologi.
Beberapa profesi konvensional tersebut adalah Kriminolog, Analis Intelijen, Spesialis Manajemen Keamanan, Jurnalis, hingga sebagai Analis Data.

Mata Kuliah Jurusan Kriminologi


• Sistem Peradilan Pidana
• Strategi Pencegahan Kejahatan
• Etnografi Kejahatan di Indonesia
• Kenakalan Anak
• Kejahatan Terencana
• Kejahatan Lingkungan
• Manajemen Industrial Sekuriti
• Jurnalistik Investigasi
• Psikologi Kriminal
• Analisis Risiko Kejahatan
• Bisnis dan Kejahatan White-Collar
• Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Kriminologi
• Pengendalian Sosial Kejahatan
• Sosiologi Peradilan Pidana, dan
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2167 seconds (0.1#10.140)