Perbedaan Hard News dan Soft News Beserta Contohnya

Selasa, 14 November 2023 - 09:20 WIB
loading...
Perbedaan Hard News dan Soft News Beserta Contohnya
Berita dibagi menjadi dua jenis, yaitu hard news dan soft news. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Berita adalah laporan mengenai suatu peristiwa atau kejadian yang terbaru (aktual). Berita juga laporan mengenai fakta-fakta yang aktual, menarik perhatian, dinilai penting, atau luar biasa.

Berita dapat diartikan sebagai suatu laporan atau narasi tentang peristiwa, fakta, atau informasi terbaru yang penting dan menarik bagi khalayak umum.

Berita dibagi menjadi dua jenis, yaitu hard news dan soft news. Jenis berita ini dapat dilihat perbedaannya berdasarkan ciri-cirinya. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak informasinya di bawah ini.

Perbedaan Hard News dan Soft News Beserta Contohnya

Pengertian Hard News


Hard news adalah jenis berita yang memberikan informasi yang bersifat serius, aktual, dan berfokus pada peristiwa-peristiwa terkini yang memiliki dampak besar terhadap masyarakat. Hard news umumnya memberikan fakta-fakta yang objektif dan mendalam tentang kejadian-kejadian penting, seperti peristiwa politik, kecelakaan, peristiwa internasional, bencana alam, dan perkembangan ekonomi.

Baca juga: 10 Contoh Soal Teks Fiksi untuk Siswa Kelas 6 SD, Membangun Imajinasi

Ciri-ciri Hard News


1. Objektivitas

Hard news berusaha memberikan informasi secara obyektif tanpa adanya opini atau pandangan subjektif dari wartawan. Tujuannya adalah menyajikan fakta-fakta yang akurat.

2. Kecepatan

Hard news umumnya disajikan secara cepat untuk menjawab kebutuhan audiens akan informasi terkini. Breaking news atau berita mendesak adalah contoh umum dari hard news yang harus disampaikan secepat mungkin.

3. Fokus pada Fakta Utama

Hard news memberikan perhatian pada fakta-fakta pokok yang relevan dengan peristiwa yang dilaporkan. Wartawan hard news berusaha menyajikan informasi yang penting dan signifikan.

4. Penting dan Aktual

Berita ini membahas peristiwa-peristiwa yang memiliki dampak besar pada masyarakat atau yang saat ini sedang terjadi, menjadikannya penting untuk diketahui oleh khalayak.

Contoh Hard News


Pembunuhan karyawan MRT berinisial DDY dilakukan oleh 3 orang, yaitu R (29), IS (31), dan JS (48).

Motifnya, pelaku berpura-pura membeli kendaraan yang dijual oleh korban di Facebook. Mereka mulai berkomunikasi dan pelaku memberikan bukti transfer palsu untuk pembelian mobil. Namun, korban menaruh curiga dan menolak transaksi yang dilakukan.

Akhirnya, pelaku mengajak korban untuk bertemu dan menunjukkan bukti transfer palsu yang sudah diedit agar korban percaya dengan bukti transfer tersebut.

Tiga pelaku pembunuhan dijerat Pasal 340 dan atau Pasal 338 dan atau Pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman mati.

Pengertian Soft News


Soft news adalah jenis berita yang bersifat ringan, menghibur, dan kurang serius dibandingkan dengan hard news. Berbeda dengan hard news yang fokus pada peristiwa penting dan serius, soft news lebih berorientasi pada cerita-cerita yang bersifat human interest, hiburan, gaya hidup, dan topik-topik lain yang lebih ringan.

Ciri-ciri Soft News


1. Tema Ringan

Soft news cenderung membahas topik-topik yang tidak bersifat serius, seperti hiburan, gaya hidup, peristiwa keseharian, dan human interest. Ini dapat mencakup profil tokoh terkenal, tren mode, resep masakan, atau peristiwa-peristiwa kecil yang menarik perhatian.

2. Emosional dan Human Interest

Soft news seringkali menekankan aspek emosional dan kisah-kisah yang melibatkan perasaan manusia. Cerita-cerita ini dapat membuat pembaca atau penonton merasa terhubung secara emosional.

Baca juga: 7 Contoh Teks Sejarah Pribadi Singkat Beserta Strukturnya

3. Kreativitas dalam Penyajian

Soft news memungkinkan wartawan untuk menggunakan kreativitas dalam penyajian informasi. Gaya bahasa yang lebih santai dan pendekatan yang lebih pribadi umumnya digunakan.

4. Gaya Jurnalistik yang Lebih Terbuka

Wartawan yang meliput soft news sering memiliki kebebasan lebih dalam menggunakan sudut pandang mereka sendiri atau mengeksplorasi aspek-aspek pribadi dari sebuah cerita.

5. Tidak Terbatas pada Peristiwa Mendesak

Berbeda dengan hard news yang seringkali harus disajikan secara cepat, soft news tidak terbatas oleh kebutuhan waktu dan dapat dibuat dengan lebih banyak perencanaan.

Contoh Soft News


Kota Bandung memiliki banyak sekali keindahan alam yang membuat masyarakat luar Bandung senang untuk berkunjung kesana. Selain tempatnya yang adem dan sejuk, Bandung juga menjual banyak sekali makanan yang menggugah selera dan tempat wisata yang cocok untuk menghilangkan penat sehabis kerja. Satu diantara banyak tempat wisata di Bandung yang cocok dikunjungi saat akhir pekan adalah Nara Park.

Nara Park merupakan tempat wisata yang menyajikan banyak restoran dan tempat rekreasi menjadi satu. Nara Park memiliki tujuh restaurant yang memiliki menu berbeda-beda, dari makanan khas Indonesia, Jepang, hingga makanan khas Western ada di sini. Banyaknya varian kuliner yang disajikan ini, membuat pengunjung tidak bosan untuk memilih makanan.

Selain banyaknya restaurant, Nara Park juga memiliki taman yang luas, yang dapat digunakan untuk tempat duduk-duduk santai bersama keluarga, teman, atau pasangan. Taman ini juga dapat digunakan sebagai area bermain anak-anak agar tidak bosan.

MG/Vina Karlameta Suhandi
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1655 seconds (0.1#10.140)