7 Sekolah Kedinasan Non Militer dan Tanpa Tes Fisik yang Perlu Diketahui Agar Tak Salah Daftar

Selasa, 14 November 2023 - 11:03 WIB
loading...
A A A
Jika kamu memang berniat masuk ke sekolah ikatan dinas satu ini, lebih baik jika sebelumnya kamu dari jurusan IPA. Sebab nantinya, kamu akan mempelajari jurusan statistika, jurusan ekonomi dan sosial kependudukan dan jurusan komputasi statistika.

Dikarenakan kamu akan mempelajari semua hal yang berkaitan dengan ilmu statistika, maka nilai matematika minimal yang wajib kamu miliki adalah 7,00. Sekolah ikatan dinas satu ini memang berfokus pada tujuan untuk mencetak tenaga ahli statistik ekonomi dan statistik sosial kependudukan.



Selain itu, STIS juga bertekad untuk melahirkan tenaga komputasi dan sistem informasi yang terbaik di bidangnya masing-masing.
Apabila kamu lulus dari sekolah ini, Mamikos jamin kamu bisa langsung bekerja. Sebab kini hampir setiap kantor membutuhkan tenaga ahli statistik di dalam perusahaan mereka. Berikut tahapan tes masuk STIS terbaru yang bisa kamu simak.

1. Tahap 1: Menjalani tes matematika. Sebelumnya sempat ada tes Bahasa Inggris dan pengetahuan umum.
2. Tahap 2: Seleksi kompetensi dasar yang bekerja sama dengan BKN
3. Tahap 3: Ujian Psikotes
4. Tahap 4: Tes kesehatan kebugaran dan Daya Tahan Tubuh

3. Akademi Perkeretaapian Indonesia


Lembaga pendidikan yang dibangun secara khusus untuk berfokus pada penyelenggaraan pendidikan di bidang perkeretaapian ini berlokasi di Kota Madiun Jawa Timur. Sekolah ikatan dinas satu ini fokus untuk mencetak tenaga ahli yang memiliki kualitas dan kompetensi di bidang perkeretaapian. Oleh sebab itu, di Sekolah Kedinasan satu ini hanya memiliki kurang lebih 4 program studi saja.

Program Studi tersebut di antaranya adalah Teknik Elektro Perkeretaapian, Manajemen Transportasi Perkeretaapian, Teknik Mekanika Perkeretaapian dan Teknik Bangunan Jalur Perkeretaapian.

Sekolah ikatan dinas yang beroperasi di bawah Dinas Perhubungan ini membebaskan biaya pendidikan untuk mahasiswanya. Jadi kalau kamu berhasil masuk ke sini, maka kamu tidak perlu membayar uang sekolah seperti di kampus pada umumnya.

4. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)


STMKG atau kepanjangan dari Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika merupakan Sekolah Kedinasan yang bernaung di bawah BMKG. Dari namanya saja kamu sudah kamu tahu bahwa tugas utamanya ialah mempersiapkan lulusan yang dapat menjalankan tugas dalam bidang meteorologi.

Sama seperti STAN, di STMKG juga memberlakukan syarat yang hampir mirip. Yaitu memiliki tubuh yang sehat. Baik jasmani maupun rohani. Tidak buta warna, dapat berkacamata dengan lensa spheris maksimal minus (-) 4 D, dan lensa silindris maksimal minus (-) 2 D, serta bersedia melakukan pengobatan lasik dengan biaya sendiri apabila diterima.

Apabila kamu hendak masuk ke sekolah ini, kamu tidak akan diwajibkan untuk menjalani serangkaian tes fisik. Tak hanya itu, Apabila kamu lulus dari STMKG, maka untuk penempatan kerjanya dipakai memakai sistem rotasi.

5. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip)


POLTEKIP atau Politeknik Ilmu Pemasyarakatan berada di bawah naungan Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Politeknik satu ini berlokasi di Jl. Raya Gandul No.4, Gandul, Kec. Cinere, Kota Depok, Jawa Barat 16512.

Poltekip memiliki tujuan demi mencetak generasi muda yang kompeten dalam ilmu pemasyarakatan. Sehingga, di masa depan dapat mempraktikkan secara langsung ilmu yang sudah didapat untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya.

6. Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan (ATKP)


Sekolah Ikatan Dinas satu ini berada langsung di bawah Kementerian Perhubungan. Di sekolah ini, kamu akan memperoleh pendidikan untuk menjadi seorang yang cakap dan berkompeten di bidang teknik dan keselamatan penerbangan nasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1036 seconds (0.1#10.140)