Jumlah Kuota Tiap Instansi Sekolah Kedinasan 2023/2024, Kampus Incaranmu Berapa Banyak?

Selasa, 14 November 2023 - 11:51 WIB
loading...
A A A
Alumni dari PTK (Perguruan Tinggi Kedinasan) dengan adanya Ikatan Dinas dapat langsung diangkat untuk menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) ketika lulus, dan menuju pada sebuah instansi yang akan menaunginya.

Beberapa Sekolah Kedinasan dengan Ikatan Dinas:

1. STIN (Badan Intelijen Negara)
2. IPDN (Kementerian Dalam Negeri)
3. PKN STAN (Kementerian Keuangan)
4. Poltekim (Kementerian Hukum dan HAM)
5. Poltekip (Kementerian Hukum dan HAM)
6. Polstat STIS (Badan Pusat Statistik)
7. STTD (Kementerian Perhubungan)
8. STSN (Badan Siber dan Sandi Negara)
9. STMKG (BMKG)

Sementara daripada itu, alumni dari PTK non Ikatan Dinas akan mendapatkan sebuah ijazah yang sama seperti halnya dengan alumni dari Perguruan Tinggi Negeri dan juga swasta secara umum.Selain juga mempunyai prospek untuk bekerja di bagian luar instansi dari pemerintah, para alumni dari PTK non Ikatan Dinas juga akan berpeluang untuk menjadi seorang ASN dengan melalui tes dari CPNS.

Mengenal Sekolah Kedinasan


Sekolah Kedinasan merupakan sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang pengelolanya adalah suatu instansi dari pemerintah sebagai bagian dari penyelenggara proses pendidikan. Instansi dari pemerintah terkaitlah yang akan mendanai sebagian bahkan seluruh biaya dari proses pendidikan di dalam Sekolah Kedinasan.

Sekolah Kedinasan ini sering juga dikenal sebagai sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK). Disebut sebagai sekolah sebab sebagian besar dari nama PTK adalah Sekolah Tinggi, seperti halnya Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

Saat ini, nama-nama dari Sekolah Kedinasan ini sudah banyak yang semakin berubah, contohnya saja seperti Politeknik Statistika STIS atau Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN).

Dapat diterima dan masuk ke dalam Sekolah Kedinasan merupakan impian terbesar dari banyak orang. Sebab, semua lulusan dari sebuah perguruan tinggi ini akan bisa mempunyai kesempatan dalam kerja yang terbilang lebih besar. Hal tersebut bisa terjadi mungkin juga karna peserta didiknya yang akan memperoleh ilmu serta kemampuan praktikal, yang akan bisa berguna di dalam dunia kerja.

Sekolah Kedinasan Berdasarkan Pada Program Beserta Kampusnya


1. Sekolah Kedinasan dengan Ikatan Dinas


Sekolah Kedinasan dengan sebuah Ikatan Dinas merupakan suatu perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan bentuk pendidikan dengan adanya Ikatan Dinas pada seluruh peserta didiknya. Selama akan memperoleh proses pendidikan, mahasiswa tidak akan pernah dipungut biaya untuk kuliah. Kemudian, setelah berhasil lulus, para peserta didik akan secara langsung utnuk ditempatkan pada berbagai lembaga dalam pemerintah sebagai seorang ASN.

Contoh dari Sekolah Kedinasan yang menyelenggarakan bentuk Ikatan Dinas adalah:

• PKN STAN
• STMKG
• Polstat STIS
• AKPOL
• AKMIL
• STIN

2. Sekolah Kedinasan non Ikatan Dinas

Jenis dari yang kedua adalah Sekolah Kedinasan non Ikatan Dinas. Sekolah Kedinasan yang satu ini tidak akan menyelenggarakan sebuah program dengan Ikatan Dinas sehingga para mahasiswanya pun tidak akan terikat langsung dengan suatu perguruan tinggi.

Para mahasiswa nantinya harus tetap membayar pada biaya dalam pendidikan serta pada saat sudah lulus tidak akan langsung diangkat untuk menjadi seorang pegawai dalam pemerintah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1423 seconds (0.1#10.140)