4 Jurusan Teknik yang Lulusannya Banyak Dibutuhkan Perusahaan Migas, Gaji Terjamin

Rabu, 15 November 2023 - 11:38 WIB
loading...
4 Jurusan Teknik yang Lulusannya Banyak Dibutuhkan Perusahaan Migas, Gaji Terjamin
Lulusan Fakultas Teknik banyak dibutuhkan perusahaan minyak dan gas (migas), salah satu jurusan teknik perminyakan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 4 jurusan kuliah teknik yang lulusannya banyak dibutuhkan perusahaan migas. Sudah menjadi rahasia umum apabila jurusan teknik selalu menjanjikan masa depan cerah bagi para lulusannya. Bidang pekerjaan yang menawarkan gaji tinggi disebut-sebut kenapa jurusan teknik selalu diminati di hampir perguruan tinggi.

Salah satu bidang yang banyak digeluti lulusan teknik adalah bidang pertambangan minyak dan gas (Migas). Lalu jurusan teknik apa saja yang lulusannya bisa berkarier ataupun dibutuhkan perusahaan migas? Untuk menjawabnya, artikel kali ini akan mengulasnya, simak ya!

4 Jurusan Kuliah Teknik yang Lulusannya Banyak Dibutuhkan Perusahaan Migas


1. Teknik Perminyakan


Seperti namanya jurusan kuliah ini lulusannya bisa bekerja di sektor industri perminyakan dan gas bumi. Jurusan Teknik Perminyakan mempelajari tentang eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam, khususnya hidrokarbon yang melibatkan berbagai aspek keilmuan lainnya. Beberapa PTN yang memiliki jurusan kuliah Teknik Perminyakan adalah ITB, UPN Veteran Yogyakarta, dan lain sebagainya.


2. Teknik Geomatika


Jurusan kuliah ini menggabungkan ilmu geodesi dan informatika dalam pengumpulan, pemodelan, analisis, serta manajemen data spasial berdasarkan lokasi. Beberapa PTN yang memiliki jurusan Teknik Geomatika adalah Institut Teknologi Sumatera, UPN Veteran Yogyakarta, ITS, dan lain sebagainya.

3. Teknik Geologi


Jurusan kuliah ini mempelajari mengenai struktur bumi, berbagai aspek bumi seperti batuan, bentuk, struktur geologi dan sumber daya alam di dalamnya. Beberapa PTN yang memiliki jurusan kuliah Teknik Geologi di antaranya yakni Undip, Unpad, UGM, ITS, dan lain sebagainya.

4. Teknik Geofisika


Jurusan kuliah ini mempelajari mengenai sumber daya alam fisik di dalam bumi yang melibatkan aspek fisik dan dinamik bumi, pengukuran, hingga pemrosesan data gejala alam.Jurusan Teknik Geofisika juga mempelajari bagaimana pemanfaatan sumber daya bumi dan mitigasi bencana alam. Beberapa PTN yang memiliki jurusan kuliah ini di antaranya ITB, UB, Universitas Syiah Kuala, dan masih banyak lainnya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1432 seconds (0.1#10.140)