7 Universitas Indonesia dengan Indikator Reputasi Akademik Terbaik Versi QS AUR 2024

Kamis, 16 November 2023 - 10:05 WIB
loading...
7 Universitas Indonesia dengan Indikator Reputasi Akademik Terbaik Versi QS AUR 2024
UGM menjadi universitas terbaik di Indonesia dalam hal indikator reputasi akademik versi Quacquarelli Symonds Asia University Ranking 2024. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 7 universitas dengan indikator reputasi akademik terbaik di Indonesia. Adalah lembaga pemeringkat dunia Quacquarelli Symonds Asia University Ranking atau QS AUR 2024 yang memasukkan sejumlah perguruan tinggi Indonesia dalam daftar peringkat terbaiknya.

QS AUR menganalisis peringkat universitas dan sekolah bisnis berdasarkan empat indikator utama penilaian. Keempatnya adalah Research and Discovery, Employability and Outcomes, Learning Experience serta Global Engagement.

Empat indikator tersebut meliputi 11 kriteria penilaian antara lain: reputasi akademik, reputasi pegawai, rasio mahasiswa fakultas, sitasi per paper, jaringan riset internasional, paper per fakultas dan pertukaran mahasiswa (masuk dan keluar).

Salah satu kriteria penilaian penting adalah reputasi akademik. Artikel kali ini akan secara khusus mengulas daftar kampus Indonesia terbaik dalam hal indikator reputasi akademik versi QS AUR 2024.

7 Universitas Indonesia dengan Indikator Reputasi Akademik Terbaik Versi QS AUR 2024


1. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Kampus ini berdiri sejak 1949 dengan total 18 fakultas. UGM membuka 68 program studi jenjang Sarjana, 23 untuk Diploma, 104 prodi Magister dan Spesialis serta 43 program Doktoral. Menurut laman QS, UGM memiliki sekitar 55 ribu mahasiswa dan 1.187 di antaranya mahasiswa internasional.

2. Universitas Indonesia (UI)


UI mendapatkan skor penilaian 79.5 untuk kriteria reputasi akademik. Kampus dengan almamater kuning ini memiliki 14 fakultas, 1 program pendidikan vokasi dan dua sekolah. Sedangkan untuk penilaian secara keseluruhan, UI berada pada peringkat pertama sebagai kampus terbaik di Indonesia.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)


ITB menempati peringkat ketiga dalam daftar kampus dengan reputasi akademik terbaik. Adapun skor yang diperoleh oleh ITB dalam reputasi akademik adalah 68.4. Berdiri sejak 1959, hingga saat kampus ITB telah memiliki 7 fakultas dan 5 sekolah.


4. Universitas Airlangga (Unair)


Unair mendapatkan skor penilaian 61.4 untuk kriteria reputasi akademik. Kampus ini juga termasuk kampus tertua di tanah air yang didirikan pada 1954. Kampus yang berada di Surabaya itu memiliki 16 fakultas dan 1 sekolah. Total ada 72 departemen dengan 187 program studi.

5. IPB University


IPB University mendapatkan skor penilaian 42.9 untuk kriteria reputasi akademik. Kampus yang berbasis di Bogor ini memiliki 9 fakultas dan 3 sekolah. IPB University membuka program pendidikan untuk jenjang Sarjana, Magister, Doktoral hingga program profesional.

6. Universitas Diponegoro (Undip)


Kampus di Semarang ini mendapatkan skor 36.7 untuk penilaian kriteria reputasi akademik. Undip memiliki 11 fakultas dan 1 sekolah vokasi, serta 1 sekolah pascasarjana. Undip memiliki program Akselerasi untuk siswa yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa agar dapat menyelesaikan studi dalam waktu yang lebih singkat.

7. Universitas Brawijaya (UB)


UB mendapatkan skor 35.9 untuk penilaian reputasi akademik. Kampus yang berada di Malang ini memiliki 16 fakultas, program vokasi dan program pascasarjana. Kampus ini memiliki lebih dari 60 ribu mahasiswa dari berbagai program pendidikan, mulai dari S1, S2, S3, profesi hingga dokter spesialis.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4372 seconds (0.1#10.140)