Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional 2023, Tema dan Logonya

Senin, 20 November 2023 - 09:46 WIB
loading...
Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional 2023, Tema dan Logonya
Hari Guru Nasional (HGN) 2023 akan diperingati pada Sabtu, 25 November 2023. Foto/Kemendikbudristek.
A A A
JAKARTA - Hari Guru Nasional (HGN) 2023 akan diperingati pada Sabtu, 25 November 2023. Berikut ini pedoman peringatan Hari Guru Nasional berikut tema dan juga logonya.

Peringatan Hari Guru Nasional merupakan suatu bentuk penghormatan dan pengakuan terhadap peran penting para guru dalam pendidikan dan pembangunan suatu negara.

Hari Guru Nasional dirayakan untuk memberikan apresiasi kepada para guru atas dedikasi, kerja keras, dan kontribusi mereka dalam membentuk generasi muda dan memajukan dunia pendidikan.

Beberapa alasan mengapa ada peringatan Hari Guru Nasional antara lain:

1. Pentingnya Pendidikan


Guru memiliki peran sentral dalam pendidikan. Mereka adalah agen utama dalam mentransfer pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai kepada generasi muda. Pendidikan memiliki peran kunci dalam pembangunan suatu negara, dan guru adalah elemen kunci dalam proses ini.

2. Peningkatan Profesionalisme Guru


Peringatan Hari Guru Nasional juga dapat menjadi kesempatan untuk meningkatkan profesionalisme guru. Dengan mengakui kontribusi mereka, pemerintah dan masyarakat dapat mendorong guru untuk terus meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran.

3. Motivasi dan Apresiasi


Peringatan Hari Guru Nasional dapat menjadi sarana untuk memberikan motivasi dan apresiasi kepada para guru. Ini dapat memotivasi mereka untuk terus berdedikasi dalam melaksanakan tugas-tugas mereka, meskipun pekerjaan sebagai seorang guru sering kali menantang.

Baca juga: Legasi Kenaikan Gaji Guru Honorer di Jateng Era Ganjar Berpeluang Diadopsi ke Tingkat Nasional

4. Pemberdayaan Pendidikan


Dengan merayakan Hari Guru Nasional, pemerintah dan masyarakat dapat menunjukkan komitmen mereka terhadap pemberdayaan pendidikan. Hal ini mencakup dukungan terhadap guru, peningkatan fasilitas pendidikan, dan upaya-upaya lain yang mendukung peningkatan kualitas pendidikan.

5. Penguatan Hubungan Guru-Masyarakat


Peringatan Hari Guru Nasional juga dapat menjadi momen untuk memperkuat hubungan antara guru dan masyarakat. Melalui kegiatan peringatan, masyarakat dapat lebih memahami peran guru dalam pembangunan sosial dan ekonomi.

Untuk memperingati Hari Guru Nasional yang diperingati setiap 25 November, berikut ini pedoman upacara, tema, dan logo yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek.

Upacara Bendera


Dalam pedoman peringatan HGN 2023 yang ditandatangani Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, berikut ini pedoman upacara bendera Hari Guru Nasional 2023.

A. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 pada tanggal 25 November 2023 pukul 08.00 WIB secara tatap muka.
B. Instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri diimbau untuk menyelenggarakan upacara bendera secara tatap muka berpedoman pada ketentuan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (pedoman penyelenggaraan upacara terlampir).
c. Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 yang diselenggarakan di Kantor Pusat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Kemendikbud RI.

Baca juga: Prof Ali Masykur Musa: Politik Pendidikan Islam Jangan Kaji Ulang Pancasila

Logo Hari Guru Nasional 2023


Logo Hari Guru Nasional Tahun 2023 serta Sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dapat diunduh di laman www.kemdikbud.go.id.

Tema Hari Guru Nasional 2023


Tema Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 adalah “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar"

Puncak Acara Hari Guru Nasional


Kemendikbudristek menyelenggarakan berbagai acara
antara lain Apresiasi GTK, Sapa GTK, Pekan Raya Belajar dan Berkarya, Simposium Program
Organisasi Penggerak, serta Puncak Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 pada tanggal 25 November 2023 yang akan disiarkan langsung melalui kanal YouTube Kemendikbud RI.

Ragam Aktivitas


Satuan pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri diimbau untuk menyelenggarakan aktivitas/kegiatan dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Guru Nasional Tahun 2023 secara kreatif serta mendorong pelibatan dan partisipasi publik dengan muatan kegiatan yang mendorong semangat para guru dan memberikan apresiasi kepada guru karena telah berjasa membersamai anak-anak Indonesia dalam menemukan minat, bakat, dan potensi terbaiknya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0915 seconds (0.1#10.140)