Persiapan Daftar di 2024, Ini 5 Tips dan Strategi Efektif Lolos UTBK-SNBT

Senin, 20 November 2023 - 12:13 WIB
loading...
A A A
Seiring pergantian dari SBMPTN menjadi SNBT, tes telah disederhanakan dengan menghilangkan Tes Kemampuan Akademik (TKA). Sebagai gantinya, peserta diminta untuk mengikuti Tes Skolastik yang mencakup empat area: Tes Potensi Kognitif, Tes Penalaran Matematika, Tes Literasi Bahasa Indonesia, dan Tes Literasi Bahasa Inggris.

Tes Skolastik tidak seperti ujian sekolah biasa yang cenderung mengandalkan hafalan dan penerapan rumus. Sebaliknya, tes tersebut berfokus pada pemahaman mendalam atas konsep, kemampuan penalaran, pemecahan masalah, dan keterampilan membaca dan memahami teks.


Materi UTBK SNBT 2023


1. Tes Potensi Kognitif


Tes ini dirancang untuk menguji kemampuan berpikir logis dan penalaran. Meskipun tidak biasa ditemukan di sekolah, kemampuan ini penting dan membutuhkan latihan khusus untuk mengasah logika.

2. Tes Penalaran Matematika


Berbeda dengan tes matematika biasa yang banyak berfokus pada penggunaan rumus, Tes Penalaran Matematika di SNBT lebih menekankan pada pemahaman dan aplikasi materi matematika dalam konteks kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pemahaman konseptual dan kemampuan untuk menerapkan pengetahuan matematika menjadi lebih penting daripada menghafal rumus.

3. Tes Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris


Mirip dengan Tes Penalaran Matematika, Tes Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris diSEBUT juga lebih menekankan pada pemahaman dibandingkan hafalan. Tidak seperti tes bahasa di sekolah yang mungkin berfokus pada hafalan gramatika atau majas, Tes Literasi ini menguji kemampuan kamu untuk memahami dan menganalisis teks, termasuk mengidentifikasi ide utama, informasi yang diberikan atau tidak disertakan dalam bacaan, dan sebagainya.

Persyaratan Mengikuti UTBK SNBT


• Memiliki Kartu Identitas Peserta SBMPTN/SNBT

• Mempersiapkan diri untuk menjalani Tes Potensi Skolastik dan Tes Kompetensi Akademik, meski untuk 2023 ini, hanya Tes Skolastik yang perlu diikuti.

• Harus merupakan lulusan SMA, SMK, atau sederajat

• Belum pernah terdaftar sebagai mahasiswa di perguruan tinggi negeri

• Melengkapi berkas-berkas seperti:

a. Fotokopi ijazah atau surat keterangan lulus

b. Pas foto terbaru

• Melakukan registrasi online yang dilakukan di situs resmi RTMPT
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1158 seconds (0.1#10.140)