Hati-Hati Memilih Prodi, Ini 10 Jurusan Kuliah Paling Banyak Disesali di Tahun 2023

Senin, 20 November 2023 - 14:22 WIB
loading...
A A A
10. Manajemen Sumber Daya Manusia (58%)

Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Tak Menyesal


1. Kenali Minat dan Hasrat


Hal ini mungkin menjadi faktor terpenting ketika kamu memilih jurusan kuliah yang tidak akan mengecewakan. Meskipun data statistik mungkin tidak sepenuhnya mendukung, apabila kamu memilih gelar dalam bidang teknik yang lebih praktis dibandingkan dengan jurusan seni rupa, kamu bisa merasa kurang puas dalam karier yang tidak sesuai dengan minat kamu.

2. Pelajari Prospek Karier


Penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti kepopuleran jurusan dan tingkat gaji yang tinggi dalam proses pengambilan keputusan mengenai jurusan kuliah kamu.

Hal ini diperlukan terutama karena kemungkinan besar kamu akan menyelesaikan studi dengan tujuan untuk bekerja dan mendapat uang, seperti halnya banyak mahasiswa lainnya, dan perlu merencanakan cara untuk mencapai hal tersebut.

3. Pertimbangan Lain


Berinteraksi atau mengikuti jejak para profesional yang sedang aktif di bidang atau karier yang kamu minati merupakan langkah bijak untuk menilai apakah jurusan tertentu sesuai dengan keinginan kamu atau tidak. .

Perlu juga melakukan komunikasi dengan lulusan lain yang lebih tamat di jurusan tertentu. INi tidak hanya akan membantu kamu dalam menentukan pilihan jurusan kuliah, tetapi juga membuka peluang untuk mendapatkan bantuan atau petunjuk untuk mencari pekerjaan di masa depan.

4. Jangan Panik


Tetap ingat bahwa pilihan jurusan kamu tidak akan menentukan segalanya dalam perjalanan karier dan kehidupan kamu. Selalu ada peluang untuk mengubah arah karier atau melanjutkan pendidikan, dan banyak pengusaha mungkin akan lebih memperhatikan pengalaman kerja Anda setelah beberapa tahun berkarier
(wyn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2064 seconds (0.1#10.140)