4 Universitas Negeri Jalur Mandiri Tanpa Uang Pangkal di 2023, Acuan Ikut SNBT SNBP 2024

Rabu, 22 November 2023 - 09:50 WIB
loading...
4 Universitas Negeri Jalur Mandiri Tanpa Uang Pangkal di 2023, Acuan Ikut SNBT SNBP 2024
Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan salah satu PTN yang membuka jalur mandiri tanpa uang pangkal di 2023. Hal ini bisa jadi referensi calon mahasiswa mendaftar di 2024. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Ini 4 universitas negeri (PTN) yang membuka jalur mandiri tanpa uang pangkal tahun 2023 yang bisa jadi referensi daftar di 2024. Diterima di kampus negeri dengan persaingan ketat bisa menjadi pencapaian besar bagi seseorang.

Seperti diketahui seleksi masuk universitas negeri terdapat tiga jalur umum yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Jalur Mandiri.

Setiap jalur seleksi masuk PTN mungkin saja menerapkan sistem uang pangkal yang besarnya bisa saja bervariasi. Namun tahukah kamu kalau ada universitas negeri yang membebaskan uang pangkal untuk mahasiswanya yang tentu saja akan memperingan biaya yang dikeluarkan calon mahasiswa jika diterima di PTN.

Artikel kali ini khusus membahas 4 PTN dengan jalur mandiri tanpa uang pangkal di 2023 yang bisa jadi referensi mendaftar di 2024, simak ya!

4 Perguruan Tinggi Negeri Jalur Mandiri Tanpa Uang Pangkal


1. Universitas Gadjah Mada (UGM)


UGM sejak lama telah menghapus kebijakan uang pangkal, tepatnya saat sistem UKT diterapkan, seketika kebijakan uang pangkal ditiadakan. Meski demikian, di tahun 2023 terdapat kebijakan baru bahwa uang pangkal memang tetap tiada namun ada yang namanya SPSU (Sumbangan Solidaritas Pendidikan Unggul).

SPSU tersebut hanya dikenakan pada mahasiswa yang lolos dari jalur UM CBT UGM dan dipastikan memiliki latar belakang ekonomi yang mapan, sehingga dikenai SPSU.

SPSU tidak akan dikenakan pada mahasiswa dari jalur SNBP dan SNBT, serta tidak menyasar mahasiswa yang tingkat ekonominya rendah.


2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)


ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) merupakan PTN favorit di Indonesia, dan terletak di Surabaya. Kampus ITS menetapkan kebijakan untuk tidak memungut uang pangkal atau uang sumbangan atau uang pembangunan dalam bentuk apapun pada mahasiswanya.

ITS menjadi PTN tanpa uang pangkal berikutnya. Kebijakan tanpa uang pangkal tentu menjadi kabar gembira, terutama bagi calon mahasiswa yang berasal dari ekonomi kurang mampu namun punya kompetensi. Meski tidak menerapkan uang pangkal, ITS memiliki kebijakan tersendiri mengenai UKT, yakni UKT pada tiap jalur masuk memiliki batas minimum yang berbeda.

UKT Jalur SNBP dan SNBT


Kategori 1 : Rp500.000,-

Kategori 2 : Rp1.000.000,-

Kategori 3 : Rp2.500.000,-
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1721 seconds (0.1#10.140)