Dosen Komunikasi UPN Veteran Jakarta Mengajar di Universitas RUDN Rusia

Minggu, 26 November 2023 - 12:10 WIB
loading...
Dosen Komunikasi UPN Veteran Jakarta Mengajar di Universitas RUDN Rusia
Dua dosen Komunikasi UPNVJ memberikan pengajaran kepada mahasiswa Pascasarjana Jurusan Global Jurnalistik Universitas RUDN Rusia.Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Dua dosen Komunikasi Universitas Pembangunan Veteran Jakarta (UPNVJ) memberikan pengajaran kepada mahasiswa Pascasarjana Jurusan Global Jurnalistik, Fakultas Filologi Universitas RUDN (Peoples' Friendship University of Russia). Aktivitas ini merupakan implementasi kegiatan pertukaran dosen antar kedua kampus yang telah berjalan.

Dua dosen UPNVJ, yaitu S. Bekti Istiyanto yang juga Dekan FISIP UPNVJ memberikan materi bertema “Komunikasi Untuk Solusi Konflik Sosial Budaya, Studi Kasus Peran Komunikasi Antar Budaya Di Indonesia).

Kemudian, Munadhil Abdul Muqsith, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi membawakan materi tentang “Sistem media di Indonesia,” di kelas Media Economy yang diampu oleh Prof Valerii Muzykant.

Baca juga: Perkuat Kerja Sama Pendidikan, Delegasi UPN Veteran Jakarta Kunjungi UNN Rusia

“Potensi konflik sosial karena perbedaan etnik dan masalah ekonomi dapat berdampak terutama pada konflik horizontal. Misalnya mahasiswa dari Rusia, China, Bangladesh, Irak pasti memiliki masalah yang sama. Di Indonesia pun juga, 1.300 etnik yang ada bila tidak dikelola secara baik dapat menjadi masalah yang berimbas pada perpecahan,” ujar Bekti, dikutip Minggu (26/11/2023).

Sementara, Munadhil dalam presentasinya menjelaskan, internet dan sosial media juga menjadi tantangan tersendiri saat ini. “Ketergantungan dengan koneksi dan smartphone ini mengubah perilaku interaksi sosial antar manusia. Misalnya, salah mengirim emote pada kolega, orang tua atau guru salah memungkinkan berbagai mispersepsi bahkan bisa sampai konflik,” ujarnya.

Kegiatan pertukaran dosen untuk melakukan pengajaran sudah dilakukan kelas Pasca Sarjana Komunikasi UPNVJ dengan dosen Jurusan Media Massa, Universitas RUDN, Prof. Valerii Muzykant. Kegiatan ini berjalan dalam mata kuliah Communication, Culture and Digital Media selama setengah semester pada semester genap 2022/2023.

Baca juga: Mengenal Pembelajaran Digital, Mahasiswa S2 Ilmu Komunikasi UPNVJ Kunjungi SEAMOLEC

Kerja sama antara dosen FISIP UPNVJ dan Universitas RUDN juga menghasilkan lebih dari 10 publikasi berupa book chapter dan monograf. Universitas RUDN merupakan salah satu kampus terbaik di Rusia, berada di peringkat 7 QS world university rangkings 2023 di seluruh Rusia dan urutan ke-295 dunia.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1910 seconds (0.1#10.140)