8 Jurusan dengan Potensi Pengangguran Tertinggi, Apa Saja Itu?

Senin, 27 November 2023 - 13:43 WIB
loading...
A A A

4. Sosiologi


Jurusan kuliah yang mempelajari tentang masyarakat ini juga tergolong sulit mendapat pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya. Ditambah dengan jumlah lulusan yang melebihi permintaan pasar menyebabkan tingkat pengangguran yang tinggi.

5. Produksi Televisi/Radio dan Film


Jurusan satu ini memiliki tingkat pengangguran 52,6% menurut survei yang dilakukan oleh Hotcourse Indonesia. Hal itu kemungkinan disebabkan oleh siaran televisi saat ini yang mulai tergerus oleh media sosial dan internet.


6. Peternakan


Lulusan Peternakan juga menjadi salah satu penyumbang pengangguran di Indonesia. Banyaknya jurusan peternakan yang menganggur atau lebih memiliki pekerjaan yang tak sesuai bidang. Ini juga yang membuat produksi ternak di Indonesia masih tergolong kurang maju meskipun memiliki banyak sarjana peternakan.

7. Seni Rupa


Lulusan seni rupa memang tidak memiliki lowongan pekerjaan yang pasti. Hal ini karena mereka hanya akan berkarya dan hidup dari karya ciptaannya.

Dalam survei Hotcourse Indonesia disebutkan jika jurusan ini memiliki tingkat pengangguran yang cukup tinggi, mencapai 50,7%.

8. Pertanian


Jurusan Pertanian yang seharusnya makmur di Indonesia, terutama di Jawa ini justru memiliki potensi sulit mendapatkan pekerjaan. Di sisi lain, minat generasi muda untuk berkarier di bidang pertanian turun sehingga menyebabkan tingkat pengangguran yang tinggi di sektor ini.

Perlu dicatat bahwa sebenarnya jurusan tidak memengaruhi pengangguran nantinya. Jika seseorang itu memang dapat mengamalkan ilmu yang didapatnya dengan baik, bukan tidak mungkin dia akan berhasil nantinya.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0911 seconds (0.1#10.140)