Ingin Jadi Penulis? Ini Pengertian Cerpen, Ciri, Unsur, Jenis, dan Contohnya

Selasa, 28 November 2023 - 09:07 WIB
loading...
Ingin Jadi Penulis? Ini Pengertian Cerpen, Ciri, Unsur, Jenis, dan Contohnya
Cerpen atau cerita pendek merupakan suatu bentuk narasi prosa yang memiliki ciri-ciri keterbatasan panjang. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Cerpen atau cerita pendek merupakan suatu bentuk narasi prosa yang memiliki ciri-ciri keterbatasan panjang, fokus pada satu inti cerita atau tema tertentu. Cerpen juga membahas konflik, karakter dengan alur cerita dalam kerangka yang singkat.

Menulis cerpen harus dilakukan secara lengkap dalam menyampaikan ide, konflik, karakter, dan resolusi dalam kerangka teks yang terbatas. Dalam menulis cerpen, penulis sering kali harus mengemas elemen-elemen kunci cerita dalam kata-kata yang efektif untuk menciptakan dampak yang maksimal pada pembaca.

Ciri-ciri Cerpen

1. Keterbatasan Panjang


Cerpen umumnya memiliki panjang yang terbatas, biasanya berkisar antara seribu hingga sepuluh ribu kata. Keterbatasan panjang ini membedakannya dari bentuk prosa yang lebih panjang seperti novel.

2. Fokus pada Satu Tema atau Inti Cerita


Cerpen cenderung berfokus pada satu tema, inti cerita, atau konflik utama. Hal ini membuat cerpen lebih terfokus dan padat dalam penyampaian pesan.

3. Keterbatasan Karakter


Dalam cerpen, karakter yang muncul umumnya lebih terbatas dibandingkan dengan novel. Penulis harus efisien dalam mengembangkan karakter dan menggambarkan kepribadian mereka.

Baca juga: 10 Contoh Teks Inspiratif yang Menarik untuk Dibaca

4. Konflik dan Klimaks


Cerpen umumnya mencakup konflik yang jelas yang mengarah ke puncak cerita atau klimaks. Meskipun cerita singkat, cerpen mampu menyajikan konflik dengan memukau dan mendalam.

5. Penekanan pada Pesan atau Emosi


Meskipun singkat, cerpen sering kali mencoba menyampaikan pesan moral atau emosi tertentu kepada pembaca. Pengarang cerpen menggunakan kata-kata dengan cermat untuk mencapai tujuan ini.

6. Gaya Penulisan Khas


Gaya penulisan dalam cerpen dapat sangat bervariasi. Beberapa cerpen mungkin menggunakan bahasa yang sederhana dan jelas, sementara yang lain dapat mengeksplorasi gaya sastra yang lebih kompleks.

Unsur Cerpen

Unsur Intrinsik


1. Tema

Ide atau gagasan utama yang disampaikan penulis melalui cerpen. Tema berisikan inti cerita berupa gambaran luas dari kisah yang diangkat.

2. Sudut Pandang (Point of View)

Perspektif sebuah cerita. Point of View atau POV bisa menjadi naratif orang pertama atau orang ketiga untuk menentukan bagaimana pembaca memahami inti cerita.

3. Tokoh dan Penokohan

Tokoh merupakan orang atau karakter dalam cerita, sedangkan penokohan watak atau karakter tokoh yang digambarkan.

4. Latar (Setting)

Latar menggambarkan tempat, waktu, dan suasana cerita yang memengaruhi dan menciptakan latar belakang cerita.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)