UMHT Wisuda 1.054 Lulusan, Rektor: Jadilah Alumni Unggul dan Berintegritas di Dunia Kerja

Jum'at, 01 Desember 2023 - 19:31 WIB
loading...
UMHT Wisuda 1.054 Lulusan, Rektor: Jadilah Alumni Unggul dan Berintegritas di Dunia Kerja
Universitas MH Thamrin mewisuda 1.054 wisudawan tahun akademik 2022/2023 yang terdiri dari lulusan Diploma 3, Diploma 4, S1, Profesi Ners dan S2. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Universitas MH Thamrin (UMHT) menggelar Wisuda Ke-30 di Krakatau Ballroom, Jakarta, Kamis (30/11). Dalam wisuda bertajuk Melangkah Maju Menuju UMHT Unggul ini, Rektor UMHT Daeng Mohammad Faqih mewisuda sebanyak 1.054 wisudawan tahun akademik 2022/2023, terdiri dari lulusan Diploma 3, Diploma 4, S1, Profesi Ners dan S2.

“Bagi kalian yang akan langsung terjun ke dunia kerja, saya berpesan kepada kalian, di manapun nanti kalian bekerja atau berkarya, maka jadilah wirausahawan, karyawan, pegawai, seorang profesional, yang baik dan unggul. Yaitu yang memilki kemampuan, keahlian, kompetensi yang mumpuni, memiliki integritas etik dan moral, etos dan komitmen kerja yang tinggi, memiliki kemampuan bekerja sama dan berkolaborasi yang baik,” kata Rektor UMHT Daeng Mohammad Faqih kepada wartawan di sela acara wisuda dalam keterangan resminya, Jumat (1/12/2023)

Daeng mengatakan, lulusan UMHT dituntut untuk selalu berupaya mengembangkan kemampuan diri dan berinovasi serta secara adil dan bijak. Menjunjung tinggi kebhinnekaan dan keragaman Indonesia tanpa membedakan agama, suku, etnis dan asal daerah d imanapun berada.



“Apabila pada suatu saat nanti kalian menjadi pemimpin di salah satu Lembaga pemerintahan, atau swasta di tingkat manapun, jadilah pemimpin yang baik,” lanjut Daeng yang juga mantan Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Periode 2018-2022.

Menurut Daeng, Universitas MH Thamrin atau biasa dikenal UMHT mencetak para agen perubahan, sumber daya manusia (SDM) tangkas nan inovatif yang bisa membangun bangsa kompetitif, para profesional dan pemimpin yang memiliki pemahaman mendalam tentang manajemen, kolaborasi, dan inovasi yang membawa dampak bagi negeri.

“Atas nama civitas akademika Universitas Mohammad Husni Thamrin saya ucapkan selamat atas keberhasilan studi Anda. Sehingga pada pagi hari ini anda diwisuda, suatu ritual akademik yang ditunggu-tunggu dan membahagiakan bagi wisudawan semua,” katanya.

Wisuda UMHT kali ini juga menghadirkan pakar tamu yang memberikan orasi ilmiah. Yakni Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron.

Dalam orasinya, Nurul Ghufron mengatakan, alumni dari universitas adalah bagian dari sumber daya manusia (SDM) yang diharapkan dan tentu menjadi harapan bangsa. Harapan dan ekspektasi masyarakat terhadap sumber daya manusia dan universitas itu ada tiga aspek yakni, knowledge, skill, dan yang terakhir paling utama adalah integritas.

“Pertama knowledge atau pemikiran seseorang. kedua skill, dan yang paling utama adalah integritas, karena integritas itu akan memberikan warna dan nilai dari urgensi dari sumber daya manusia itu. Skill dan juga knowledge itu akan berarti jika berintegritas. Sebaliknya kalau skill dan knowledge tanpa integritas, maka sebaliknya akan mengancam,” kata Nurul.

Nurul mengatakan, Universitas Muhammad Husni Thamrin perlu juga menitipkan dan memberikan muatan dalam kurikulum adalah knowledge skill dan yang utama adalah integritas. “Karena orang yang beretika berintegritas itu masih bisa diharapkan sementara orang miring integritas itu bahkan mengkhawatirkan bagi bangsa ini,” ujar alumni Universitas Jember ini.

Ada pun wisudawan tersebut berasal dari Fakultas Kesehatan 598 orang yang terdiri dari 11 Prodi, Fakultas Ekonomi 301 orang yang terdiri dari 2 Prodi, Fakultas Komputer 102 orang yang terdiri dari 2 Prodi, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 53 orang, terdiri dari 3 Prodi.

Saat ini, UMHT membuka program studi baru pada tahun akademik 2023/2024 yaitu Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Pembukaan program studi ini adalah untuk memberi kesempatan masyarakat mengembangkan dan memperdalam ilmu dalam bidang manajemen khususnya bidang strata dua. Sebelumnya Universitas MH Thamrin memiliki S1 Manajemen serta S2 Kesehatan Masyarakat.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6144 seconds (0.1#10.140)