5 Perbedaan Jenjang Kuliah D3, D4, dan S1, Calon Mahasiswa Jangan Salah Pilih

Sabtu, 09 Desember 2023 - 10:44 WIB
loading...
5 Perbedaan Jenjang Kuliah D3, D4, dan S1, Calon Mahasiswa Jangan Salah Pilih
Jenjang kuliah bagi calon mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia jenisnya beragam, mulai dari jenjang diploma, sarjana hingga doktoral. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 perbedaan kuliah jenjang D3, D4, dan S1 yang harus diketahui calon mahasiswa. Informasi mengenai Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 sudah mulai diumumkan.

Bagi calon mahasiswa yang nantinya akan memasuki dunia kuliah 2024, selain memilih jurusan juga wajib mengetahui terkait jenjang kuliah di perguruan tinggi.

Seperti diketahui, jenjang kuliah bagi calon mahasiswa di Indonesia beragam, mulai dari jenjang sarjana hingga diploma. Artikel kali ini secara khusus akan membahas 5 perbedaan jenjang kuliah D3, D4, dan S1 yang perlu diketahui calon mahasiswa, simak ya!

5 Perbedaan Jenjang Kuliah D3, D4, dan S1


1. Waktu studi


Jenjang D3, D4, dan S1 memiliki perbedaan waktu studi. Jenjang D3 atau biasa disebut sarjana muda adalah jenjang pendidikan yang setara dengan diploma vokasi. Biasanya membutuhkan waktu studi selama 2-3 tahun dengan total 112 SKS yang berfokus kepada pengetahuan praktis bidang tertentu.

Selanjutnya, D4 atau sarjana terapan memiliki masa studi selama 4 tahun dengan total 144 SKS lebih berfokus pada pengetahuan praktis yang mendalam. Lalu, S1 membutuhkan waktu studi selama 4 tahun dengan 144 SKS yang fokusnya pada pengetahuan teoritis diimbangi pengetahuan praktis dalam bidang tertentu.

2. Jalur masuk


Jalur masuk D3 bisa melalui jalur vokasi yang tersedia di politeknik atau universitas. Lalu, untuk D4 bisa masuk melalui jalur vokasi, ujian mandiri, SNBP atau SNBT. Sementara itu, untuk jalur S1 dapat masuk menggunakan jalur SNBP, SNBT, atau jalur mandiri yang dimiliki setiap universitas.


3. Gelar setelah lulus


Gelar setelah lulus Lulusan D3 akan memiliki gelar Ahli Madya (A.Md). Untuk lulusan D4 akan menerima gelar Sarjana Terapan (S.Tr). Sementara itu, lulusan S1 akan menerima gelar Sarjana sesuai bidang keilmuan yang didalami, misalnya S.Ikom (untuk jurusan Ilmu Komunikasi)

4. Jenjang studi tingkat lanjut


Lulusan D3 harus mengambil kuliah S1 terlebih dahulu sebelum menempuh jenjang S2. Berbeda dengan jenjang D4 atau S1 yang bisa langsung melanjutkan studi S2.

5. Sistem perkuliahan


Mahasiswa D3 dan D4 akan lebih banyak diberikan tugas praktik guna membiasakan diri mereka untuk mengerjakan tugas ketika bekerja. Sedangkan, mahasiswa S1 dituntut untuk menguasai teori dan mencari gagasan dan solusi. Sehingga, mereka akan lebih sering mendengarkan pemaparan teori dibandingkan dengan praktik langsung.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)