Menggali Lebih Dalam Jenis-Jenis Teks Eksposisi Beserta Contoh Singkatnya

Senin, 18 Desember 2023 - 08:41 WIB
loading...
A A A
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial dapat berkontribusi pada peningkatan tingkat kecemasan dan depresi.

Faktor-faktor seperti perbandingan sosial, cyberbullying, dan tekanan untuk mempertahankan citra yang sempurna secara online dapat menciptakan lingkungan yang stresor bagi pengguna.

Baca juga: Pengertian Teks Cerita Sejarah, Ciri, Struktur, dan Contohnya

Analisis psikologis juga mengungkap bahwa interaksi yang sering melalui media sosial dapat mengurangi kemampuan individu untuk memahami ekspresi emosional secara langsung, mempengaruhi keterampilan komunikasi interpersonal.

Namun, di sisi lain, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa media sosial dapat menjadi sumber dukungan sosial yang penting.

Ketika digunakan dengan bijak, media sosial memungkinkan individu untuk terhubung dengan komunitas yang memiliki kepentingan dan pengalaman serupa, memberikan dukungan dan pemahaman.

3. Eksposisi Proses


Eksposisi proses adalah jenis tulisan atau penyajian informasi yang bertujuan untuk menjelaskan langkah-langkah atau tahapan suatu proses.

Fokus utama dari eksposisi proses adalah memberikan pemahaman yang jelas dan rinci tentang bagaimana suatu kegiatan atau tindakan dilakukan, mulai dari langkah awal hingga langkah akhir.
Penulis eksposisi proses berusaha menyajikan informasi dengan urutan kronologis agar pembaca dapat mengikuti proses tersebut secara sistematis.

Contoh

Membuat kopi dengan metode pour over adalah cara yang sederhana dan memuaskan untuk menyeduh kopi segar di rumah. Metode ini memungkinkan Anda mengendalikan banyak variabel, seperti rasio air dan kopi, suhu air, dan waktu ekstraksi, untuk menciptakan secangkir kopi dengan cita rasa yang sesuai dengan preferensi Anda.

4. Eksposisi Perbandingan dan Kontras


Eksposisi perbandingan dan kontras adalah jenis tulisan atau penyajian informasi yang bertujuan untuk membandingkan persamaan (kesamaan) dan kontras (perbedaan) antara dua atau lebih hal, konsep, ide, atau entitas.

Dalam eksposisi ini, penulis mengidentifikasi kemiripan dan perbedaan untuk menyampaikan pemahaman yang lebih baik kepada pembaca mengenai hubungan di antara hal-hal yang dibandingkan.

Contoh
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1541 seconds (0.1#10.140)