UNP Resmi Buka Jurusan Kedokteran Hewan, Daftar di SNBP, SNBT, dan Mandiri 2024 

Selasa, 09 Januari 2024 - 08:40 WIB
loading...
UNP Resmi Buka Jurusan Kedokteran Hewan, Daftar di SNBP, SNBT, dan Mandiri 2024 
Universitas Negeri Padang UNP) resmi membuka jurusan S1 Kedokteran Hewan dan Profesi Dokter Hewan di 2024 ini. Foto/UNP.
A A A
JAKARTA - Universitas Negeri Padang (UNP) resmi membuka jurusan S1 Kedokteran Hewan dan Profesi Dokter Hewan di 2024 ini. UNP resmi membuka kedua jurusan tersebut setelah turunnya rekomendasi Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) PT KESNo. 0051/ LAM PT-Kes tahun 2023.

Rektor UNP Prof Ganefri mengatakan, mulai tahun 2024 ini, UNP menerima calon mahasiswa baru Kedokteran Hewan melalui tiga jalur, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dengan kuota di SNBP sebanyak 50-75 mahasiswa di 2024 ini, berikut juga penerimaan di Seleksi Nasional BerdasarkanTes (SNBT) dan Mandiri.

Baca juga: 3 Universitas di Sumatera yang Ada Jurusan Kedokteran Hewan

"Karena mengingat kebutuhan dokter hewan yang sangat banyak, maka UNP menyediakan akses untuk pendidikan calon dokter hewan," ujar Rektor Ganefri, dilansir dari laman UNP, Selasa (9/1/2024).

Dia menjelaskan, LAM PT Kes telah mengeluarkan rekomendasi pembukaan kedua prodi baru tersebut pada akhir 2023 lalu. Persiapan pembukaan prodi ini telah disiapkan sejak awal 2023 yang lalu, dengan menjajaki kerja sama dengan berbagai pihak terkait.

Termasuk dengan Pemerintah Daerah Sumbar, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia(PHDI) Wilayah Sumbar, Benchmarking ke sejumlah PTN yang memiliki Kedokteran Hewan seperti IPB University dan UGM Yogyakarta serta dengan sejumlah lembaga,klinik hewan atau laboratorium terkait.

Sementara untuk penyusunan proposal Kedokteran Hewanini merupakan hasil kolaborasi bersama antara Fakultas Kedokteran (FK) dan FakultasMatematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNP.

Baca juga: Lulusan Kedokteran Hewan Hanya Jadi Dokter Klinik? Jangan Salah, Ini 7 Prospek Kariernya

Sementara Dekan FK UNP Dr. dr. Rika Susanti menambahkan, Prodi Kedokteran Hewan berada di bawah Fakultas Kedokteran,sehingga kegiatan perkuliahan akan dipusatkan di Kampus UNP Belakang Balok Kota Bukittinggi.

Dengan demikian, lanjut Rika Susanti, FK UNP telah memiliki empat Prodi S1 Kedokteran, Profesi Dokter,Kedokteran Hewan dan Profesi Dokter Hewan, dan untuk Kedokteran akan menerima mahasiswa tahun kedua tahun ini.

SK Pembukaan Kedokteran ini telah ditandatangani oleh RektorUNP dengan tertanggal 8 Januari 2024 dan sebelumnya telah mendapat pertimbangandari Majelis Wali Amanat (MWA) UNP.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1560 seconds (0.1#10.140)