10 Prospek Kerja Lulusan Politeknik Statistika STIS, Pintu Masa Depan Terbuka Lebar

Kamis, 11 Januari 2024 - 13:29 WIB
loading...
10 Prospek Kerja Lulusan Politeknik Statistika STIS, Pintu Masa Depan Terbuka Lebar
Salah satu prospek kerja menjanjikan lulusan Sekolah TInggi Ilmu Statistik (STIS) adalah bidang industri keuangan dan asuransi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 10 prospek kerja menjanjikan Politeknik Statistika STIS yang perlu diketahui. STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik) adalah perguruan tinggi negeri di Indonesia yang berfokus pada pendidikan di bidang statistik dan aktuaria.

Perguruan tinggi yang juga sering disebut sekolah kedinasan ini didirikan pada tahun 1960 dan telah menghasilkan banyak lulusan berprestasi yang berkontribusi pada pembangunan negara.Lulusan STIS bisa jadi apa? Untuk menjawab pertanyaan itu, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

10 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan STIS


Lulusan STIS memiliki prospek kerja yang cerah dan menjanjikan. Karena keahlian mereka di bidang statistik dan aktuaria, mereka sangat diminati oleh berbagai industri dan sektor. Berikut adalah beberapa bidang karier yang dapat diikuti oleh lulusan STIS:

1. Industri Keuangan dan Asuransi


Salah satu bidang terbesar yang menyerap lulusan STIS adalah industri keuangan dan asuransi. Lulusan STIS memiliki kemampuan analisis yang kuat dalam menghadapi data keuangan dan risiko, yang sangat berharga bagi perusahaan perbankan, lembaga keuangan, dan perusahaan asuransi. Mereka dapat berkarir sebagai analis risiko, aktuaris, atau ahli statistik keuangan.

2. Badan Pusat Statistik


Lulusan STIS juga banyak yang bekerja di Badan Pusat Statistik (BPS) dan lembaga pemerintah terkait lainnya. Tugas utama mereka di sini adalah mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data statistik untuk menyajikan informasi yang akurat tentang berbagai aspek perekonomian dan sosial di Indonesia.

3. Perusahaan Riset Pasar


Di era digital ini, data merupakan aset berharga bagi perusahaan. Lulusan STIS dapat bekerja di perusahaan riset pasar, di mana mereka bertanggung jawab untuk mengumpulkan dan menganalisis data konsumen dan tren pasar untuk membantu perusahaan membuat keputusan strategis.

4. Industri Manufaktur


Industri manufaktur juga membutuhkan ahli statistik untuk membantu meningkatkan efisiensi dan kualitas produk. Lulusan STIS dapat berperan dalam mengoptimalkan proses produksi, mengontrol kualitas, dan mengidentifikasi masalah potensial melalui analisis data.


5. Institusi Pendidikan dan Penelitian


Tidak sedikit lulusan STIS yang memilih berkarier sebagai dosen atau peneliti di perguruan tinggi atau lembaga penelitian. Mereka dapat berkontribusi dalam mengembangkan ilmu statistik melalui penelitian-penelitian berkualitas tinggi.

6. Ahli Ekonomi


Sejumlah tugas penting sebagai ahli ekonomi adalah mengumpulkan dan menganalisis data, meneliti tren data, hingga mengevaluasi sejumlah permasalahan ekonomi dan melakukan peramalan ekonomi agar bisa mengambil suatu keputusan yang paling tepat.

7. Aktuaris


Seorang aktuaris akan menggunakan teori keuangan dan statistik untuk menilai kemungkinan terjadinya peristiwa tertentu dan kemungkinan biaya keuangannya.

8. Analisis Data


Profesi analisis data ini memiliki permintaan tinggi di semua sektor, seperti keuangan, konsultasi, manufaktur, farmasi, pemerintahan dan pendidikan.

9. Biometrician


Profesi yang satu ini sangat keren, ahli biometrik merupakan gabungan antara ahli matematika dan biologi, beberapa tugas utama adalah menganalisis atau memberikan saran-saran penting kepada organisasi di bidang kesehatan dan biologi.

10. Analisis Bisnis


Karier ini sangat cocok bagi individu yang senang mengevaluasi dan menganalisis data, menciptakan solusi, bekerja dengan banyak orang, dan memiliki pemahaman yang baik tentang teknologi informasi.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)