Serba-serbi Politeknik Statistika STIS, Lulus Langsung Jadi CPNS

Minggu, 23 Januari 2022 - 12:42 WIB
loading...
Serba-serbi Politeknik Statistika STIS, Lulus Langsung Jadi CPNS
Politeknik Statistika STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik). Foto/Dok/STIS
A A A
JAKARTA - Salah satu sekolah kedinasan yang banyak diburu oleh pelajar lulusan SMA dan sederjat adalah Politeknik Statistika STIS.

Politeknik Statistika STIS adalah perguruan tinggi kedinasan di lingkungan Badan Pusat Statistik (BPS). Politeknik Statistika STIS yang berlokasi di Jakarta Timur ini memiliki tiga program studi, yakni D-III Statistika, D-IV Statistika dan D-IV Komputasi Statistika.

Baca juga: Ini 8 Sekolah Kedinasan yang Bisa Menjadi Pilihan Melanjutkan Studi

Melansir dari laman resminya di stis.ac.id, berikut ini informasi mengenai program studi yang ada di Politeknik Statistika STIS.

1. D-III Statistika
Prodi ini memiliki beban studi 111 SKS yang terbagi dalam 42 mata kuliah yang dapat ditempuh dalam waktu 3 tahun. Pada Prodi D-III Statistika, komposisi beban SKS terdiri atas 35% teori dan 65% praktikum.

Dalam lingkup BPS, lulusan D-III Statistika diproyeksikan sebagai Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) yang merupakan ujung tombak kegiatan statistik di BPS.



Koordinator Statistik Kecamatan adalah petugas fungsional pengumpul data statistik di lapangan dan mengkoordinasikan kegiatan statistik pada tingkat kecamatan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala BPS Kabupaten/Kota, yang dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dengan memperhatikan petunjuk dan koordinasi dari camat setempat.

Baca juga: Selain PNS, Ini Peluang Kerja Lulusan STIP Jakarta di Perusahaan Internasional

Dalam perkembangannya, KSK juga dituntut mampu mengolah, menyajikan, mengkomunikasikan, dan mengelola kegiatan statistik di wilayah tugasnya, serta membuat laporan berupa analisis dari hasil pendataan.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2534 seconds (10.101#12.26)