Mudahkan Mahasiswa Nyoblos Saat Pemilu, UB Gelar Kuliah Online

Senin, 15 Januari 2024 - 14:53 WIB
loading...
Mudahkan Mahasiswa Nyoblos Saat Pemilu, UB Gelar Kuliah Online
Universitas Brawijaya (UB) gelar kuliah online saat Pemilu. Foto/Avirista Midaada/MPI.
A A A
MALANG - Universitas Brawijaya (UB) akan melaksanakan kuliah online selama sepekan saat momen Pemilu 2024. Kuliah daring ini guna memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menyalurkan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Imam Santoso menuturkan, pelaksanaan kuliah online ini akan diberlakukan pada awal perkuliahan di semester genap.Awal perkuliahan akan dilaksanakan secara online mulai 12 Februari 2024 hingga sepekan ke depan.

"Tanggal 12 Februari kita sudah mulai perkuliahan tapi secara daring, sehingga adik - adik tidak perlu bingung untuk menyuarakan hak pilihnya, karena bisa kuliah di kota masing-masing," kata Imam Santoso dikonfirmasi pada Senin (15/1/2024).

Baca juga: Intip Peluang Lolos SNBP Universitas Brawijaya, Ini Persentase Jurusan Saintek Paling Ketat

Menurutnya, ada beberapa hal yang dipertimbangkan ketika pihak rektorat Universitas Brawijaya memutuskan perkuliahan secara daring di awal masa kegiatan perkuliahan. Salah satunya mahasiswa yang berasal dari luar Malang raya dan daerah yang jauh, tidak perlu risau untuk harus kembali pulang ke daerahnya masing-masing karena Pemilu.

"Kalau kita adakan perkuliahan secara online, maka mahasiswa tidak harus berpikir untuk kembali ke kota masing-masing pada saat Pemilu nanti. Sehingga secara substansi perkuliahan bisa di deliver dan agenda nasional juga bisa jalan,” katanya.

Prof Imam mengatakan, Pemilu yang akan datang tidak hanya memilih presiden dan wakil presiden saja, tapi juga anggota legislatif DPR, DPRD, dan DPD sehingga pemilih harus berada di kota masing-masing. Maka ketika ia berada di daerah masing-masing, mahasiswa UB diharapkan bisa menggunakan hak pilihnya.

Baca juga: Mau Kuliah PTN Favorit di Malang, Ini 7 Jalur Masuk UB 2024, 3 di Antaranya Tanpa Tes

Mantan Dekan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) ini berharap, karena UB sudah memberikan kesempatan untuk kuliah daring, maka mahasiswa dimohon untuk berpartisipasi dalam kegiatan agenda nasional tersebut

“Mahasiswa bisa menyalurkan aspirasinya untuk kemajuan bangsa dan saya harap jangan Golput,” tukasnya.

Sebagai informasi, Pemilu akan diadakan serentak pada Rabu 14 Februari 2024. Masyarakat akan memilih pasangan calon presiden (capres) - calon wakil presiden (cawapres), calon anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD di tingkat kabupaten kota. Pemerintah sendiri menetapkan tanggal 14 Februari 2024 sebagai hari libur nasional.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1400 seconds (0.1#10.140)