5 Prodi di Akademi Angkatan Laut, Lulusannya Jadi Perwira TNI AL

Kamis, 25 Januari 2024 - 08:01 WIB
loading...
5 Prodi di Akademi Angkatan Laut, Lulusannya Jadi Perwira TNI AL
daftar program studi (prodi) yang dimiliki Akademi Angkatan Laut (AAL). Salah satunya adalah Manajemen Pertahanan (Manhan) Matra Laut. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Ini daftar program studi (prodi) yang dimiliki Akademi Angkatan Laut (AAL) . Salah satunya adalah program studi Manajemen Pertahanan (Manhan) Matra Laut.

Akademi Angkatan Laut (AAL) memiliki tujuan untuk mencetak perwira TNI Angkatan Laut yang kompeten dan profesional. Setelah lulus pendidikan, para taruna AAL akan dilantik menjadi perwira pertama dengan pangkat Letnan Dua.

Baca juga: 5 Jurusan di Akmil Tahun 2024 yang Setara D4, Lulus Sandang Pangkat Letnan Dua

Terlepas dari sejarah panjang dalam pembentukannya, saat ini Akademi Angkatan Laut (AAL) memiliki lima program studi (prodi). Berikut daftarnya

Prodi Akademi Angkatan Laut

1. Manajemen Pertahanan (Manhan) Matra Laut


Prodi ini punya visi untuk menghasilkan Perwira TNI Korps Pelaut yang andal dan profesional. Selama pendidikan, para taruna juga akan melaksanakan Lattek atau Latihan dan Praktek).

Lattek ini merupakan sebuah kegiatan lapangan yang dilakukan sesuai jadwal kalender akademik serta kurikulum pendidikan AAL. Beberapa Lattek yang bakal diikuti taruna dari prodi Manhan Matra Laut di antaranya seperti Lattek Navigasi 1 dan Lattek Navigasi Astronomi.

2. Manajemen Pertahanan (Manhan) Matra Laut Aspek Darat


Berikutnya ada program studi (prodi) Manajemen Pertahanan (Manhan) Matra Laut Aspek Darat. Pada visinya, prodi ini diharapkan mampu menghasilkan perwira TNI Korps Marinir yang andal dan profesional.

Baca juga: Daftar Program Studi di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Ada Teknik Mesin Pertahanan

Ada beberapa Lattek yang nantinya diikuti para taruna dari prodi ini. Di antaranya seperti Lattek Pendidikan Komando Marinir, Lattek Para Dasar Marinir, Lattek Operasi Darat Marinir, dan Lattek Operasi Amfibi Marinir.

3. Teknik Mesin Kapal Perang


Prodi Teknik Mesin Kapal Perang diharapkan mampu menghasilkan perwira TNI AL Korps Teknik yang andal dan profesional. Beberapa Lattek yang nantinya diikuti para taruna adalah Lattek Sidalsin, Lattek Medium Overhaul Diesel, Lattek Peran Penyelamatan Kapal (PEK) Tingkat Terampil, dan lainnya.

4. Teknik Elektronika Kapal Perang


Berikutnya ada Teknik Elektronika Kapal Perang. Prodi ini memiliki visi menghasilkan perwira TNI AL Korps Elektronika yang andal dan profesional.

Sebagaimana prodi lain, para taruna dari Teknik Elektronika Kapal Perang juga akan mengikuti berbagai Lattek. Di antaranya seperti Lattek Komputer dan Bahasa Pemrograman, Lattek Senjata, Amunisi, dan Bahan Peledak hingga Lattek Teknik Tenaga Listrik dan Kontrol Permesinan KRI.

5. Manajemen Logistik dan Keuangan (Logkeu) Matra Laut


Terakhir ada Manajemen Logistik dan Keuangan (Logkeu) Matra Laut. Pada prodi ini, visinya adalah menghasilkan perwira TNI Korps Suplai yang andal dan profesional.

Sejumlah Lattek yang nantinya bakal diikuti tarunanya adalah Lattek Table Manner, Lattek Prosrus BMN hingga Lattek Perbankan dan Perpajakan.

Demikianlah ulasan mengenai deretan program studi (prodi) yang tersedia di Akademi Angkatan Laut (AAL) . Semoga bermanfaat.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4094 seconds (0.1#10.140)