Mahasiswa Unika Atma Jaya Raih Prestasi di Lomba Debat Internasional

Rabu, 31 Januari 2024 - 11:40 WIB
loading...
Mahasiswa Unika Atma Jaya Raih Prestasi di Lomba  Debat Internasional
Mahasiswa Unika Atma Jaya berhasil meraih prestasi di World Universities Debating Championships (WUDC) 2024 di Vietnam. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ) berhasil menorehkan nama mereka dalam kompetisi debat tingkat internasional dengan berhasil meraih prestasi sebagai English as a Foreign Language (EFL) Grand Finalists pada ajang World Universities Debating Championships (WUDC) 2024 di Vietnam.

Prestasi pada kompetisi debat terbesar bagi mahasiswa seluruh dunia, tim WUDC UAJ kali ini diwakili oleh Angellia Giovanni dan Vinay Ashok Tekani. Gio dan Vinay merupakan mahasiswa Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya dan aktif dalam Atma Jaya Debate Club (ADC). Berhasil unggul diantara 380 tim dan 150 institusi dari 60 negara yang ikut serta pada WUDC 2024 Vietnam.

“Bangga dan terima kasih kepada Gio dan Vinay yang sudah mengharumkan nama Indonesia dan Unika Atma Jaya pada kompetisi debat tingkat dunia,” ungkap Prof. Yuda Turana, Rektor Unika Atma Jaya, dalam keterangan resmi, Rabu (31/1/2024).

Baca juga: Unika Atma Jaya Edukasi Politik Anak Muda untuk Bijak Gunakan Hak Suara

Persiapan tim WUDC UAJ cukup panjang, Gio dan Vinay tidak hanya mempelajari berbagai topik atau isu global yang mungkin dapat muncul pada saat kompetisi. Namun mereka juga melakukan training camp agar dapat berlatih secara intens untuk mempersiapkan diri.

Dukungan untuk Gio dan Vinay datang dari berbagai pihak tidak hanya dosen pendamping dan pelatih, namun juga teman kuliah di Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya.

WUDC adalah kompetisi debat terbesar dan paling bergengsi secara global, mempertemukan mahasiswa dari universitas-universitas di seluruh dunia. Kompetisi ini menyediakan platform bagi mahasiswa untuk terlibat dalam perdebatan sengit mengenai beragam topik, menumbuhkan lingkungan yang mendorong pemikiran kritis, komunikasi efektif, dan pemahaman yang tajam tentang isu-isu global.

“Mengikuti WUDC sudah menjadi impian saya sejak pertama masuk kuliah. Perdebatan di setiap ronde sangat sengit dan menantang, hal ini yang membuat kompetisi ini sangat menarik karena tidak ada ronde yang mudah,” ungkap Vinay.

Baca juga: Profil Pendidikan Agustinus Prasetyantoko, Mantan Rektor Atma Jaya yang Jadi Panelis Debat Cawapres

Senada dengan Vinay, Gio mengungkapkan pengalaman berharganya saat pertemuan bersama Rektor UAJ. Keikutsertaannya kali ini merupakan yang ke-tiga kalinya bagi Gio, menjadikannya sangat spesial. “Kami merasa bersemangat karena bisa berada di tengah orang-orang yang terbaik dari negaranya, semua yang datang ke sini bertujuan untuk bersaing secara kompetitif,” ujar Gio.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0869 seconds (0.1#10.140)