Ornamen Header
UMY Akan Lakukan Kuliah Tatap Muka September 2020
UMY Akan Lakukan Kuliah Tatap Muka September 2020
Rektor UMY (dua dari kiri) saat diskusi virtual dengan dosen dan tendik UMY bertajuk rektor menyapa di kampus UMY, Rabu (12/8). Foto/dok/Humas UMY
YOGYAKARTA - Rektor Universitas Muhammdiyah Yogyakarta (UMY) Gunwan Budiyanto mengatakan UMY segera melakukan kuliah offline atau tatap muka. Kegiatan itu akan dilakukans secara bertahap dan rencananya akan dimulai September 2020.

“Keputusan ini diambil setelah tim gugus tugas COVID-19 UMY berdiskusi dengan Satgas COVID-19 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dari kegiatan itu menyimpulkan UMY akan diberikan surat rekomendasi untuk menjalankan kuliah offline,” kata Gunawan saat diskusi virual dengan dosen dan tenaga pendidikan (tendik) persiapan kuliah offline di kampus UMY, Rabu (12/8). (Baca juga: Pemerintah Targetkan Perkuliahan UIII Dimulai September 2021)

Gunawan menjelaskan pertimbangan lain akan menyelenggarakan kuliah tatap muka, yakni dari hasil evaluasi selama menyelangarkan perkuliahan online pada masa pandemi COVID-19, ternyata tetap tidak bisa mengantikan perkualihan secara offline. “Karena itu setelah melalui berbagai pertimbagan memutuskan untuk menyelenggarkan kuliah offline,” terangnta.

Wakil Rektor Bidang Akademik UMY, Sukamta menambahkan berdasarkan survey sebanyak 65% mahasiswa menilai perkuliahan offline lebih efektif dan 35 % mahasiswa memilih online. Karena itu meskipun UMY memberikan fasilitas perkuliahan tatap muka namun kehadiran di ruang kelas bagi mahasiswa tidak dijadikan komponen penilaian. (Baca juga: Universitas Terbuka Tingkatkan Akses Masyarakat ke Pendidikan Tinggi)

"Bagi mahasiswa yang memilih online padahal perkuliahan dilakukan secara offline, masih tetap bisa merasakan situasi di ruang kelas karena UMY sudah menyediakan kamera web yang akan tersambung dengan aplikasi,” tambahnya.

(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!