UIN Jakarta Buka 5 Jalur Masuk Penerimaan Mahasiswa Baru 2024, Ini Daftar Lengkapnya

Minggu, 11 Februari 2024 - 15:48 WIB
loading...
UIN Jakarta Buka 5 Jalur Masuk Penerimaan Mahasiswa Baru 2024, Ini Daftar Lengkapnya
Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta membuka lima jalur penerimaan mahasiswa baru di 2024 ini. Foto/Dzikry Subhanie.
A A A
JAKARTA - UIN Jakarta membuka lima jalur masuk penerimaan mahasiswa baru di 2024 ini. Ada jalur yang dikelola Kemenag, Kemendikbudristek, serta ada yang dikelola secara independen oleh UIN Jakarta.

Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menawarkan sekitar 58 program studi untuk jenjang Sarjana (S1). Dari jumlah prodi yang ada, beberapa termasuk ke dalam fakultas keagamaan dan sebagian lainnya termasuk ke dalam fakultas umum.

Beberapa fakultas seperti Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), Fakultas Ushuluddin (FU), Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), dan Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) termasuk ke dalam kategori keagamaan.

Dikutip dari laman UIN Jakarta, Minggu (11/2/2024), Fakultas yang masuk dalam kategori keagamaan, mendapat izin pembukaan program studinya dari Kementerian Agama (Kemenag).

Baca juga: Rektor UIN Jakarta Terpilih Jadi Panelis Debat Terakhir Pilpres 2024, Ini Profilnya

Sementara Fakultas yang termasuk ke dalam kategori umum di antaranya, Fakultas Psikologi (FPsi), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), dan Fakultas Kedokteran (FK), mendapat izin pembukaan program studi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Pengelompokan kategori tersebut didasarkan pada izin pembukaan program studinya yang berbeda, tidak membedakan nilai-nilai keIslaman yang diajarkan di kampus ini. Selain itu, pengelompokan kategori fakultas juga sebagai faktor pembeda dalam jalur pendaftaran yang akan dipilih nantinya sesuai jurusan yang diminati.

Baca juga: UIN Jakarta Paling Diminati Camaba di UM-PTKIN 2023, Diserbu 21.443 Peserta

Dalam upaya menyambut calon mahasiswa, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ahmad Tholabi, menyampaikan bahwa UIN Jakarta membuka peluang sebesar-besarnya bagi para siswa yang ingin berkuliah di UIN Jakarta, dengan menyediakan beragam jalur masuk untuk jenjang sarjana.

Bagi calon mahasiswa yang tertarik untuk bergabung dengan UIN Jakarta, terdapat beberapa jalur masuk yang dapat dipilih.

5 Jalur Masuk UIN Jakarta 2024

1. Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB)-Jalur Mandiri UIN Jakarta


SPMB merupakan jalur mandiri yang diselenggarakan oleh UIN Jakarta melalui Sistem Seleksi Elektronik (SSE). Pada jalur mandiri UIN Jakarta, calon mahasiswa dapat memilih jurusan yang termasuk ke dalam kategori fakultas keagamaan maupun fakultas umum.

2. Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN)


UM-PTKIN adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diadakan secara nasional oleh semua Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6038 seconds (0.1#10.140)