UIN Jakarta Buka 5 Jalur Masuk Penerimaan Mahasiswa Baru 2024, Ini Daftar Lengkapnya

Minggu, 11 Februari 2024 - 15:48 WIB
loading...
A A A
Proses UM-PTKIN menggunakan ujian berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE) yang terbuka bagi siswa lulusan MA/MAK/SMA/SMK/PDF/PKPPS/SPM atau sederajat.

Peserta dapat memilih hingga 3 program studi pada salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dari 59 PTKIN yang tersedia. Setelah mendaftar, peserta akan mengikuti tes offline di lokasi ujian yang telah dipilih.

3.Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN)


SPAN-PTKIN merupakan seleksi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag). Proses seleksinya hampir sama dengan SNBP, yaitu melalui rapor dan prestasi mahasiswa.

Pada jalur ini, calon mahasiswa dapat memilih jurusan yang termasuk ke dalam kategori fakultas keagamaan.
Satuan pendidikan yang dapat mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN meliputi MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah yang telah mendapatkan izin penyelenggaraan pendidikan secara resmi dari pemerintah.

4. Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT)


UTBK SNBT yang diadakan oleh Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), dilaksanakan menggunakan UTBK. Seperti pada SNBP, peserta SNBT juga perlu memiliki akun SNPMB untuk mengikuti proses seleksi.

5. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)


SNBP adalah proses seleksi penerimaan mahasiswa baru di tingkat nasional yang diadakan oleh Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) di bawah Badan Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) Kemendikbudristek. Seleksi ini menggunakan rapor dan prestasi mahasiswa sebagai dasar penilaiannya.

Saat ini, tahapan pembuatan akun SNPMB untuk SNBP masih berlangsung dan akan berakhir pada tanggal 15 Februari untuk siswa. Sementara itu, pendaftaran SNBP akan dibuka pada 14 Februari 2024.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1182 seconds (0.1#10.140)