Pendaftaran SNBP dan KIP Kuliah 2024 Sudah Dibuka, Mana yang Didahulukan?

Rabu, 14 Februari 2024 - 08:51 WIB
loading...
Pendaftaran SNBP dan KIP Kuliah 2024 Sudah Dibuka, Mana yang Didahulukan?
Pendaftaran SNBP 2024 dan KIP Kuliah 2024 sudah resmi dibuka saat ini. Namun mana yang didaftarkan terlebih dulu?. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Pendaftaran SNBP 2024 dan KIP Kuliah 2024 sudah resmi dibuka saat ini. Namun mana yang didaftarkan terlebih dulu, SNBP atau KIP Kuliahnya terlebih dulu?

Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) resmi dibuka hari ini, Rabu 14 Februari 2024 bertepatan dengan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak di seluruh Indonesia.

Pendaftaran SNBP hanya berlangsung dua minggu atau akan ditutup pada 28 Februari 2024 pukul 15.00 WIB. Kemudian pengumuman hasil jalur prestasi ini akan digelar pada 26 Maret 2024.

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNBP 2024 Dibuka Hari Ini, Berikut Persyaratannya

Bersamaan dengan itu, pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah juga sudah dibuka. Prosesnya dimulai dengan pendaftaran akun siswa yang dimulai 12 Februari 2024 hingga 31 Oktober 2024.

Untuk saat ini, pendaftaran program bantuan pendidikan dari pemerintah pusat ini masih untuk jalur prestasi atau SNBP hingga 27 Februari 2024. Menyusul kemudian untuk jalur tes atau SNBT, mandiri, dan juga untuk perguruan tinggi swasta.

Daftar SNBP atau KIP Kuliah Dulu?


Lalu yang harus dilakukan terlebih dulu mendaftar SNBP atau KIP Kuliah? Tim Teknis KIP Kuliah Kemendikbudristek, Sony Hartono Wijaya menjelaskan, lebih baik para siswa mendaftar KIP Kuliah terlebih dahulu.

"Sebaiknya adik-adik daftar seleksi KIP Kuliah pada periode pendaftaran ditentukan. Jadi, lebih baik daftar sekarang. Kenapa? Karena kalau adik-adik daftar sekarang perguruan tinggi saat nanti melakukan seleksi SNBP, perguruan tinggi sudah dapat informasi," katanya pada Sosialisasi Pendaftaran KIP Kuliah 2024 di YouTube Kemdikbud RI, dikutip Rabu (14/2/2024).

Baca juga: 7 PTN Pulau Jawa Buka Jurusan Kedokteran Baru di SNBP 2024, Segini Daya Tampungnya

Menurutnya, sebaiknya pendaftaran KIP Kuliah dilakukan maksimal sehari sebelum pendaftaran SNBP, SNBT, atau pun Mandiri. Hal ini untuk memudahkan perguruan tinggi mensinkronisasi data pendaftar SNBP dengan penerima KIP Kuliah.

"Jika dibandingkan dengan daftar KIP setelah pengumuman SNBP baru saya bilang, saya ikut KIP Kuliah. Nah itu, enggak ada jaminan ya kalau mekanisme yang seperti itu, karena perguruan tinggi tidak punya pertimbangan," tuturnya.

Cara Pendaftaran KIP Kuliah 2024


1. Lakukan Pendaftaran Akun di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/
2. Masukkan NIK, NISN, NPSN, dan alamat email aktif
3. Validasi data oleh sistem KIP Kuliah. Jika berhasil maka sistem akan mengirimkan nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email yang aktif.
4. Siswa masuk ke laman KIP Kuliah Merdeka dengan memasukkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses untuk
menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah Merdeka dan memilih proses seleksi yang akan diikuti (SNBP/SNBT/Mandiri)
5. Selesaikan proses pendaftaran di laman KIP Kuliah Merdeka sesuai jalur seleksi yang dipilih melalui
jalur SNBP/SNBT/Mandiri
6. Bagi calon penerima KIP Kuliah Merdeka yang telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, dapat dilakukan
verifikasi lanjutan oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan ke Puslapdik sebagai mahasiswa penerima KIP Kuliah
Merdeka.

Cara Pendaftaran SNBP 2024


1. Login
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3506 seconds (0.1#10.140)