Mengenal Jurusan Akuakultur, Prospek Kerjanya Luas dan Kuliah Bisa Sambil Healing

Kamis, 15 Februari 2024 - 09:01 WIB
loading...
A A A
“Prodi ini menyediakan perkuliahan yang komprehensif, baik dalam segi teori maupun praktik. Hal ini menjadikan saya memiliki pemikiran yang kritis, pemecahan masalah dan komunikasi yang baik,” ujarnya.

Alumnus SMAN 3 Tasikmalaya ini juga mengaku, prodi ini sangat mendukung mahasiswa untuk melakukan kegiatan di luar kampus, baik dalam segi finansial maupun apresiasi secara verbal.

Dengan keuntungan tersebut, ia berhasil mendapat predikat Mahasiswa Berprestasi FPIK IPB 2023, memenangkan lebih dari 15 national essay competition hingga mengikuti student exchange and conference di Bangkok, Thailand.

Kurikulum


Kurikulum di Prodi TMPB IPB University berfokus pada pengembangan akuakultur tropika yang berkelanjutan demi mendukung ketahanan dan keamanan pangan. Pendidikan dan penelitiannya bertumpu pada topik lingkungan akuakultur, reproduksi dan genetika ikan, kesehatan organisme akuatik, nutrisi dan pakan, serta sistem produksi.

Pembelajaran di prodi ini diberikan melalui berbagai macam pendekatan seperti aspek genetika dan reproduksi dari hewan akuatik, aspek penyakit dan kesehatan komoditas akuakultur, aspek lingkungan akuakultur, aspek nutrisi dan pakan hewan akuatik juga pendekatan pada aspek sistem dan bisnis akuakultur.

Mahasiswa juga dibekali dengan skill teknis dan manajemen yang dapat diterapkan di berbagai bidang, sehingga setelah lulus, lulusannya dapat berkarier pada sektor yang lebih luas.

Alasan prodi ini patut dipilih juga karena sudah terakreditasi ‘Unggul’ oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) serta akreditasi internasional oleh The Accreditation Agency for Study Programmes in Engineering, Informatics, Natural Sciences and Mathematics (ASIIN).

Prospek karier Jurusan Akuakultur


Pilihan karier bagi lulusan prodi ini cukup banyak. Misalnya sebagai wirausahawan di sektor akuakultur, baik air laut, payau, maupun tawar.

Lulusannya juga dapat terjun sebagai profesional di bidang on-farm aquaculture seperti hatchery dan marine-aquaculture maupun off-farm aquaculture seperti perusahaan vaksin, perusahaan pakan ikan, perusahaan aditif pakan, marketplace aquaculture dan aquaculture consultant.

Opsi lainnya antara lain menjadi peneliti, penyuluh perikanan, dosen dan birokrat atau pembuat kebijakan di berbagai instansi pemerintah yang terkait dengan bidang akuakultur.

Jumlah Peminat dan Daya Tampung


Pada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 jurusan kuliah ini diminati sebanyak 238 orang. Sedangkan daya tampungnya di SNBP 2024 sebanyak 48. Lalu diSeleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) jumlah peminatnya mencapai 297 orang dengan daya tampung di tahun ini sebanyak 36 orang.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)