Persiapan Daftar SNBP 2024, Begini Cara Melihat Daya Tampung Program Studi Kampus

Jum'at, 16 Februari 2024 - 11:20 WIB
loading...
A A A
8. Telusuri ke bawah untuk mencari prodi tujuanmu, pada laman ini kamu juga melihat berbagai data tambahan seperti:

a. Kode prodi
b. Nama prodi
c. Jenjang: Sarjana/Vokasi
d. Daya tampung di tahun 2024
e. Peminat 2023
f. Keperluan portofolio di prodi tersebut

Dari informasi ini, kamu juga bisa menghitung keketatan dalam penerimaan program studi impianmu. Mengutip laman Simak UI, keketatan penerimaan adalah persentase jumlah peserta diterima berbanding jumlah peserta pendaftar.

Jika semakin besar persentasenya, berarti daya saing di prodi tersebut rendah. Sedangkan bila semakin kecil persentasenya, berarti daya saing di prodi tersebut tinggi.

Ketentuan Pilih Prodi di SNBP 2024


1. Setiap siswa yang eligible dapat memilih 2 prodi dari satu PTN/politeknik negeri atau dua PTN/politeknik negeri.

2. Jika memilih dua program studi dari dua PTN/politeknik negeri, salah satu kampus harus berada di provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya.

3. Jika hanya memilih satu prodi, maka siswa dapat memilih PTN/politeknik negeri yang berada di provinsi manapun.

4. Aturan 1-3 dikecualikan untuk pendaftar lulusan luar negeri dan Provinsi Papua Tengah-Papua Pegunungan dengan ketentuan:

Siswa yang berasal dari SMA luar negeri bebas memilih prodi pada PTN/politeknik negeri di provinsi manapun baik dua pilihan program studi ataupun satu pilihan.

Siswa lulusan Provinsi Papua Tengah dan Papua Pegunungan yang hendak memilih dua program studi, salah satu pilihannya harus memilih PTN/politeknik negeri yang berada di provinsi Papua manapun. Sementara pilihan lainnya mengikuti aturan umum.

5. Daftar prodi yang bisa dipilih oleh siswa adalah seluruh jurusan karena batasan syarat jurusan (IPA, IPS, ataupun Bahasa) untuk prodi tertentu sudah tidak berlaku lagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1182 seconds (0.1#10.140)