Stop Bullying, Ini 7 Cara Sekolah untuk Mencegah Perundungan

Selasa, 20 Februari 2024 - 14:16 WIB
loading...
Stop Bullying, Ini 7 Cara Sekolah untuk Mencegah Perundungan
Berikut ini 7 cara yang bisa dilakukan sekolah untuk mencegah bullying atau perundungan. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Kasus bullying atau perundungan yang terjadi di Binus School Serpong menyita perhatian banyak pihak. Berikut ini 7 cara yang bisa dilakukan sekolah untuk mencegah perundungan.

Melansir dari situs kemenppa.go.id, perundungan merupakan segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus-menerus.

Di lingkungan pendidikan sendiri, tidak jarang tindakan perundungan ditemukan. Entah perundungan yang dilakukan antarpeserta didik, antarguru, peserta didik kepada guru, atau bahkan guru kepada peserta didik.

Baca juga: Bullying di Binus School Serpong, Kemendikbud Angkat Suara

Terbaru, kasus perundungan terjadi di sekolah elite Binus School Serpong. Salah seorang siswa menjadi korban perundungan oleh para siswa senior di sekolah tersebut.

Korban saat ini masih dirawat di rumah sakit. Peristiwa ini pertama kali diunggah oleh akun @BosPurwa pada Minggu, 18 Februari 2024 di media sosial X.

"Gw dapat info, ada perundungan di SMA Binus Intl BSD, seorang anak dipukulin sama belasan seniornya hingga masuk rumah sakit, mereka anak-anak pesohor, dan ngerinya lagi sampai disundut rokok! Apa benar ada kejadian itu? Kalo benar apa ada yang tau kejadian persisnya seperti apa?" tulis akun @BosPurwa.

Baca juga: Suasana Terkini Binus School Serpong Pasca Kasus Perundungan Siswanya Viral

Saat ini kasusnya sedang ditangani oleh pihak sekolah dan juga Polres Tangerang Selatan. Untuk mencegah terjadinya perundungan, diperlukan ekosistem sekolah yang mendukung sekolah yang aman dan nyaman dari perundungan.

Dikutip dari laman Direktorat SD Kemendikbudristek, berikut 7 cara sekolah untuk mencegah perundungan.

7 Cara Sekolah untuk Mencegah Perundungan


1. Adanya layanan pengaduan kekerasan/media bagi murid untuk melaporkan bullying secara aman dan terjaga kerahasiannya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5077 seconds (0.1#10.140)