Diundur hingga 29 Februari, Pendaftaran SNBP 2024 Tutup Hari ini Pukul 15.00 WIB

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:54 WIB
loading...
Diundur hingga 29 Februari, Pendaftaran SNBP 2024 Tutup Hari ini Pukul 15.00 WIB
Panitia SNPMB memutuskan memperpanjang pendaftaran SNBP 2024 hingga 29 Februari karena masih banyak siswa yang belum rampung mendaftar. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Info penting! Penutupan pendaftaran SNBP 2024 yang awalnya dilakukan tanggal 28 Februari 2024, diundur hingga hari ini 29 Februari pukul 15.00 WIB. Menurut keterangan panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), perpanjangan pendaftaran SNBP 2024 dilakukan karena masih banyak siswa yang belum rampung mendaftar. Untuk informasi lebih jelas, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Penutupan Pendaftaran SNBP 2024 Diundur Hari Ini Hingga Pukul 15.00 WIB


"Berdasarkan hasil evaluasi dari jumlah siswa yang eligible, masih banyak siswa yang belum menyelesaikan proses pendaftaran SNBP," demikian bunyi keterangan panitia SNPMB dalam laman resminya, Kamis (29/2/2024).

Finalisasi pendaftaran SNBP 2024 ditutup dengan cetak Kartu Peserta SNBP. Siswa yang telah menyelesaikan tahap ini tidak dapat mengubah data pendaftarannya lagi.

Untuk itu, pastikan siswa sudah mengecek kembali hal-hal yang perlu diperhatikan di tiap tahap pendaftaran SNBP.

Berikut tahapan pendaftaran SNBP 2024 seperti dikutip dari akun resmi SNPMB


1. Log In


Jika tidak dapat log in kendati tidak ada masalah sebelumnya, segera hubungi call center yang tertera di laman SNPMB. Log in hanya dapat dilakukan dengan akun SNPMB yang berstatus permanen oleh siswa eligible.

Siswa eligible harus telah diisikan nilainya secara lengkap dan difinalisasi oleh sekolah di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Siswa wajib merupakan lulusan 2024.

2. Validasi Data Profil


Halaman profil akan muncul jika siswa memenuhi persyaratan SNBP 2024. Cek kembali data yang tertera di profil. Data selain jumlah tanggungan tidak bisa diperbaiki pada aplikasi pendaftaran SNBP. Isikan data jumlah tanggungan orang tua.


3. Pilih Prodi


Klik menu Pilihan untuk memilih PTN atau politeknik negeri tujuan, lalu pilih prodi. Siswa dapat memilih prodi apapun terlepas dari jurusan asal di sekolah seperti IPA, IPS, bahasa, agama, teknik, dan lain-lain.

Pilih maksimal 2 prodi. Jika hanya pilih 1, siswa dapat memilih prodi manapun di PTN atau politeknik se-Indonesia. Jika memilih 2 prodi, salah satunya wajib di PTN/politeknik yang berlokasi di provinsi yang sama dengan SMA/sederajat asalnya.

Jangan lupa klik simpan semua pilihan jika sudah memilih prodi tujuan.

4. Isi Portofolio


Tahap ini wajib bagi siswa pemilih prodi seni atau olahraga. Cek kembali panduannya di laman unduhan SNPMB. Ukuran maksimal file portofolio adalah 100 MB. Unggah sesuai instruksi dan unduh kembali untuk memastikan dokumen yang terunggah sudah benar. Siswa disarankan unggah portofolio melalui komputer.

5. Isi Prestasi


Tahap ini opsional atau tidak wajib. Jika mencantumkan prestasi, isikan maksimal 3 yang terbaik serta deskripsi yang mewakili. Ukuran dokumen prestasi maksimal 100 MB.

6. Finalisasi


Finalisasi hanya dapat dilakukan jika tahap-tahap di atas sudah dikerjakan. Baca disclaimer finalisasi dengan benar, pastikan data yang diisikan dan diunggah sudah benar karena tidak dapat diubah usai finalisasi. Cetak Kartu Peserta SNBP hanya dapat dilakukan setelah finalisasi pendaftaran.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)