Sosok Ega Ayu, Peraih KIP Kuliah yang Lulus Cum Laude dari UNY

Jum'at, 01 Maret 2024 - 16:20 WIB
loading...
Sosok Ega Ayu, Peraih KIP Kuliah yang Lulus Cum Laude dari UNY
Ega Ayu Wulandari, peraih KIP Kuliah yang lulus dengan predikat cum laude dari UNY berfoto bersama keluarganya. Foto/UNY.
A A A
JAKARTA - Ega Ayu Wulandari berhasil lulus cum laude dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan IPK 3,78. Ega adalah peraih beasiswa KIP Kuliah yang bercita-cita menjadi guru.

PeraihIPK 3,78 ini adalah anak dari pasangan Sumaryanto dan Peni Lestari. Ayahnya adalah seorang buruh harian lepas dan ibunya bekerja di pabrik genting dengan upah yang tidak seberapa.

Meski demikian, keluarga sederhana ini ingin Ega yang juga alumnus SMKN 2 Depok, Sleman, DI Yogyakarta, mendapat pendidikan setinggi-tingginya hingga meraih cita-citanya menjadi seorang guru.

Menurut Sumaryanto, anak pertamanya ini sejak kecil memang memiliki cita-cita menjadi guru namun diurungkan karena keterbatasan biaya.

Baca juga: Teliti HAM, Alumnus Unair Lulus Cum Laude dari Kampus Tertua di Belanda

“Anak saya itu pintar, pengen sekali jadi guru tapi kalau harus kuliah tidak punya uang. Tetapi Alhamdulillah ada beasiswa KIP Kuliah yang dapat membantu biaya kuliah. Saya senang Ega akhirnya bisa kuliah di UNY,” haru Sumaryanto, dikutip dari laman UNY, Jumat (1/3/2024).

Ibunya, Peni Lestari pun bersukacita mendengar Ega bisa diterima di jurusan impian yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya UNY.

“Sedari kecil, Ega memang suka berpuisi dan bahkan pernah menjuarai lomba di tingkat sekolah," tutur Peni yang sangat bangga akan prestasi anaknya tersebut.

“Jangan sampai anak-anak saya hanya jadi seperti bapaknya, harus jadi orang yang sukses. Lulus S1 ini hanya salah satu mimpi dari mereka, jadi terus kejar impian sampai dapat. Semoga ilmu yang didapatkan selama kuliah di UNY juga bisa bermanfaat bagi banyak orang," tutur Sumaryanto.

Ega yang menyadari keterbatasan ekonomi orang tuanya itu awalnya tidak ingin lanjut kuliah. Terlebih masih ada adik-adiknya yang harus menempuh pendidikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1697 seconds (0.1#10.140)