Bisa Apa Program Double Degree? Begini Tips dan Manfaatnya bagi Mahasiswa

Rabu, 20 Maret 2024 - 08:00 WIB
loading...
Bisa Apa Program Double Degree? Begini Tips dan Manfaatnya bagi Mahasiswa
Double Degree merupakan program yang memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan dua gelar dari dua universitas dalam satu waktu. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini tips dan manfaat mengikuti Program Double Degree bagi mahasiswa. Saat masih banyak kalangan mahasiswa yang belum menyadari manfaat positif Program Double Degree.

Double Degree merupakan program yang memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan dua gelar dari dua universitas dalam satu waktu. Di perguruan tinggi negeri (PTN), biasanya program ini ada di kelas internasional atau program internasional.

Lalu apa manfaatnya ikut Program Double Degree. Artikel kali ini akan membahas tips dan manfaat mengikuti program Double Degree untuk mahasiswa, simak ya!

Tips Memilih Program Double Degree


1. Menentukan pilihan jurusan


Saat memilih program double degree, penting untuk memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan ketertarikan pribadi. Memilih jurusan yang kurang disukai akan menyia-nyiakan manfaat dan pengalaman yang ditawarkan oleh program kuliah double degree.

2. Menelusuri perguruan tinggi yang menyediakan program double degree


Setelah memilih jurusan, langkah selanjutnya adalah mencari tahu perguruan tinggi yang menyediakan program double degree untuk jurusan tersebut.

Perlu diketahui informasi seperti jadwal kuliah di setiap perguruan tinggi, biaya yang diperlukan, dan kurikulum yang akan dipelajari.
Selain itu, penting juga untuk mengumpulkan informasi tentang negara di mana perguruan tinggi berada.



Hal ini meliputi pemahaman tentang budaya yang berkembang di negara tersebut, tempat tinggal yang akan dihuni, serta perkiraan biaya hidup yang diperlukan.

3. Menggali pengalaman selama belajar di luar negeri


Belajar di luar negeri memberikan banyak pengalaman berharga. Mulai dari pengalaman akademik hingga pengembangan diri melalui partisipasi dalam kegiatan perkuliahan dan komunitas mahasiswa. Tentu pengalaman-pengalaman ini akan memberikan manfaat bagi mahasiswa ketika memasuki dunia kerja.

Manfaat Program Double Degree


1. Keunggulan saat melamar kerja


Dengan memiliki dua gelar akademik, seseorang dianggap memiliki pengetahuan yang lebih luas dan pengalaman yang lebih beragam. Hal ini memberikan nilai tambah bagi perusahaan yang mencari karyawan baru.

2. Memperluas jaringan dan relasi


Program double degree memungkinkan mahasiswa untuk memiliki teman dari berbagai negara. Selain itu, melalui aktivitas perkuliahan dan kegiatan kampus, mereka dapat memperluas jaringan dan relasi yang dapat bermanfaat bagi karier di masa depan.

3. Mengembangkan kemampuan berbahasa asing


Dengan tinggal di luar negeri, mahasiswa akan belajar dan terbiasa menggunakan bahasa asing seperti bahasa Inggris dan bahasa lokal negara tempat mereka belajar. Kemampuan berbahasa ini menjadi nilai tambah dan keunggulan tersendiri bagi mahasiswa.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1881 seconds (0.1#10.140)