Kongres APTIK ke-41 Bahas Kerapuhan Mental di Kampus dan Era Disruptif

Jum'at, 22 Maret 2024 - 19:55 WIB
loading...
Kongres APTIK ke-41 Bahas Kerapuhan Mental di Kampus dan Era Disruptif
Kongres APTIK ke-41 bahas kerapuhan mental di kampus dan era disruptif. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik (APTIK) menggelar kongres ke-41 di Jakarta. Bahasan krusial yang dibahas dalam kongres terkait dampak signifikan kurikulum pengajaran dengan merebaknya femonena kerapuhan mental di kampus dan era disruptif.

APTIK merupakan gabungan22 yayasan pendidikan Katolik se Indonesia yang mengelola puluhan perguruan tinggi Katolik. Anggotanya seperti Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas Parahyangan, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma, Universitas Katolik Widya Mandira, STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya, Universitas Katolik Santo Thomas, Universitas Katolik Widya Karya Malang, Universitas AtmaJaya Makassar.

Selain itu, Universitas Katolik Soegijapranata, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, Universitas Katolik Musi Charitas, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint. Carolus, Universitas Katolik De La Selle, Universitas Widya Dharma Pontianak, Universitas Katolik Darma Cendika, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Stella Maris Makassar, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Gunung Maria Tomohon, Sekolah Tinggi Keguruan dan Pendidikan Weetebula Sumba Barat Daya, STIkes Santa Elisabeth Medan, Universitas Santo Borromeus, dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panti Rapih Yogyakarta.

Baca juga: RS Unpad di Kampus Jatinangor akan Beroperasi Akhir Maret 2024

Selain isu kesehatan mental, isu yang dibahas di dalam kongres yaitu munculnya paradigma baru “BANI” (Brittle, Anxiety, Non-Linear, dan Illusion of predictability) yang menggeser konsep lama, VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity) sebagai era desruptif terbaru. Unika Atma Jaya Jakarta menjadi tuan rumah dari kongres yang akan berlangsung dari tanggal 21-23 Maret 2024.

Ketua APTIK, Prof. Dr. B.S. Kusbiantoro mengatakan, selain membahas fenomena era disrupsi terbaru ada juga sejumlah persoalan serius lainnya yang menjadi agenda kongres, seperti kolaborasi intensif dalam skala yang lebih luas yang tidak sekedar di level mahasiswa dan dosen semata, tetapi juga penggunaan aset-aset unggulan kampus untuk kepentingan bersama.
Kemudian, tentang penyelenggaraan program dual degree dengan perguruan tinggi ternama luar negeri lainnya.

Baca juga: Apakah Portofolio SNBP 2024 Boleh Diunggah Kembali di SNBT?

Paradigma VUCA menguasai pemikiran global di awal tahun 90-an dan kini bergeser ke paradigma BANI yang muncul sejak 2020 sebagai akibat pengaruh globalisasi yang menciptakan kompleksitas dan ketidakpastian meluas di dunia. Konsep dari Brittle dari BANI memunculkan the illusion of strength, yaitu pandangan bahwa lembaga yang kita anggap kuat ternyata rapuh.
Sedangkan Anxiety, memunculkan the illusion of control, apa yang diharapkan sangat berbeda dengan kenyataan yang dihadapi.

Sementara konsep Non-Linear menghasilkan the Illusion of predictability seperti kemunculan pandemic Covid-19, chat GPT, dan disrupsi teknologi lainnya. Dan terakhir, mengenai konsep Illusion of predictability dari paradigma BANI tadi, yang menghasilkan the illusion of knowledge seperti limpahan data dan informasi ternyata justru ikut menghasilkan limpahan hoax yang luar biasa.

“APTIK merasa perlu mengantisipasinya melalui segala bentuk adaptasi yang diperlukan guna mencegah terjadinya kerapuhan mental yang kini kian meluas di lingkungan kampus-kampus di dalam dan di luar negeri. Kecemasan,depresi dan bunuh diri yang terjadi itu merupakan bagian dari illusion of control,” katanya, dalam keterangan resmi, Jumat (22/3/2024).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4571 seconds (0.1#10.140)