Tips Memilih Jurusan Kuliah Berdasarkan Jenis Kepribadian, Kamu Cocok yang Mana?

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:06 WIB
loading...
Tips Memilih Jurusan Kuliah Berdasarkan Jenis Kepribadian, Kamu Cocok yang Mana?
Keputusan seorang calon mahasiswa untuk memilih jurusan kuliah memang bukan sekadar persoalan akademik, tetapi juga menyangkut aspek karakteristik. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini tips memilih jurusan kuliah berdasarkan jenis kepribadian. Menentukan jurusan kuliah bagi seorang calon mahasiswa bukanlah perkara yang sederhana atau mudah. Keputusan seorang calon mahasiswa untuk memilih jurusan kuliah memang bukan sekadar persoalan akademik, tetapi juga menyangkut aspek karakteristik.

Tips Memilih Jurusan Kuliah Berdasarkan Kepribadian


1. Kepribadian Realistik


Kepribadian jenis pertama adalah Realistic atau Penindak, merupakan jenis karakter manusia yang menyenangi pekerjaan di bidang terapan.

Mengutamakan kekuatan fisik dan otot serta ditopang dengan koordinasi motorik kuat, merupakan ciri dari kepribadian ini. Sehingga seorang calon mahasiswa dengan jenis kepribadian semacam ini akan lebih menyenangi ilmu praktik dibandingkan teori.
Jurusan kuliah di bidang teknik, baik elektronika, mesin, sipil, pertanian, perikanan atau otomotif serta farmasi menjadi rekomendasi bagi jenis kepribadian Realistic.

2. Kepribadian Investigatif


Jenis kepribadian selanjutnya adalah Investigatif atau Pemikir, di mana sangat menyukai bidang akademik dalam pekerjaan. Seseorang dengan kepribadian pemikir akan sangat cocok memilih jurusan kuliah di bidang Kimia, Fisika, Gizi, Biologi, Perangkat Lunak serta Kriminologi.


3. Kepribadian Artistik

Jenis kepribadian selanjutnya adalah Artistic atau Pembuat, yaitu seseorang yang memiliki kecenderungan sosial tinggi namun senang menyendiri. Seseorang dengan jenis kepribadian sebagai Kreator atau Pencipta cocok memilih jurusan kuliah di bidang kesenian.

4. Kepribadian Sosial


Jenis kepribadian manusia selanjutnya adalah Sosial atau Helpers, merupakan seseorang dengan tipikal yang cenderung pada nilai humanisme. Memiliki ciri penuh tanggung jawab, cerdas dan mengedepankan perasaan, calon mahasiswa dengan jenis kepribadian ini cocok bekerja di bidang sosial.

Karena itu, seseorang yang memiliki jenis kepribadian semacam ini cocok jika memilih jurusan kuliah seperti Psikologi dan Konseling, Komunikasi, Sosiologi dan Sekretaris.

5.Kepribadian Enterprising


Jenis kepribadian kelima yang bisa menjadi acuan dalam memilih jurusan kuliah adalah Enterprising atau Persuaders. Kepribadian semacam ini ditunjukkan dari sikapnya yang tegas, mudah bergaul dan menjadi magnet positif bagi orang di sekitar.

Seorang calon mahasiswa yang memiliki kepribadian jenis Enterprising sangat cocok memilih jurusan kuliah Manajemen, Komunikasi, Hubungan Internasional serta Marketing
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2004 seconds (0.1#10.140)