Trik Hadapi UTBK SNBT 2024, 5 Poin Ini Perlu Dipertimbangkan untuk Pilih Jurusan

Jum'at, 29 Maret 2024 - 17:27 WIB
loading...
A A A
Selanjutnya, Bekti mengingatkan perihal portofolio pada proses pendaftaran. Portofolio yang hendak diunggah diharapkan sesuai dengan jurusan yang hendak dipilih. Bagi peserta yang sudah pernah mengikuti SNBP, diperbolehkan untuk mengunggah portofolio yang sama, tapi disarankan untuk menggunakan portofolio baru. “Portofolio juga harus menjadi bagian dari strategi pendaftar,” ujar Bekti.

Hal ketiga yang perlu diperhatikan terletak pada syarat tambahan dalam proses SNPMB. Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini, peserta yang lolos jalur SNBT 2024 dan telah melakukan daftar ulang tidak dapat diterima lagi pada seleksi jalur Mandiri di PTN manapun. Hal ini kemudian perlu dipertimbangkan sebagai strategi calon pendaftar yang hendak mengikuti SNBT.

Terakhir, selain dalam proses SNPMB, perubahan juga terdapat pada materi UTBK. Tahun ini, terdapat tiga jenis materi meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS), penalaran matematika, dan literasi bahasa dalam pelaksanaan UTBK.

Selain dari segi materi, terdapat juga satu tipe soal baru yang akan mewarnai kemeriahan UTBK tahun ini, yakni jawaban singkat. “Tipe soal ini mewajibkan para peserta untuk mengisi jawaban singkat berupa angka dengan ketentuan tertentu,” tutup Bekti.
(wyn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2495 seconds (0.1#10.140)